Saturday , 16 December 2017
Home » Berita Terbaru » ANNIVERSARI KE 2 ICK – INFO CEGATAN KARANGANYAR

ANNIVERSARI KE 2 ICK – INFO CEGATAN KARANGANYAR

Grup Dunia Maya, Berprestasi di Dunia Nyata

KARANGANYAR, MEDIATRANSPARANCY.COM –
Tanggal 03 Desember 2017. Moment yang berharga bagi sejumlah nitizen facebook yang tergabung dalam Group Komonitas Media Sosial yaitu ICK (Info Cegatan Karanganyar). Nama group yang unik ini mungkin akan membuat pengguna medsos  berasumsi kontradiksi dengan misi oprasi kedisiplinan berlalu lintas, namun ternyata tidak demikian, justru nampak sebuah wadah komonitas pengguna medsos yang beraktifitas tentang hal-hal yang positif, seperti ajakan untuk patuh aturan berlalu lintas, disiplin berkendara, juga up date informasi keadaan lingkungan atau daerah, baik kejadian dijalan, bencana alam, kekerasan, penganiayaan, dll. Namun semua itu tidak akan menjadi wadah yang solid, berkarakter dan bertujuan tanpa adanya kepiawaian admin dan pengurus ICK, dalam filtrasi status-status yang diunggah.
 
Octavia Firdaus, Ketua ICK, memaparkan bahwa komonitas ini bersifat independent, dan tidak mau di distorsi ataupun terdistorsi oleh pihak manapun, apalagi bagi yang bertujuan untuk suatu kepentingan yang mengarah bukan kepada kemaslahatan, maka Firdaus tegas tak memberikan kompromi untuk si pelanggar.
Disela acara, Mediatransparancy berbincang sebentar dengan Ketua ICK tentang struktur apa saja yang sudah dibentuk dalam kepengurusan di ICK, Firdaus memaparkan bahwa selain susunan stuktural secara umum, ICK juga membentuk korwil korwil, untuk mempermudah akses pantauan, selain itu ada SPK atau Satuan Pengkondisian Keamanan, dimana tugas SPK adalah membantu, menerima informasi kemudian ditindak lanjuti untuk disampaikan kepada pihak berwenang, misalkan ada informasi yang menemukan barang property, atau bentuk lainnya, maka SPK bertugas untuk melaporkan kepada polsek terdekat untuk diambalihkan kewenanganannya.
 
Untuk kegiatan bhakti sosial, ternyata ICK telah banyak memberikan aksi peduli, seperti membantu korban Rumah kebakaran di wilayah Korwil Utara, membantu sembako orang sepuh yang tinggal sendirian didaerah Ngargoyoso, aksi untuk warga Jumantono yaitu  mempertemukan orang yang terpisah dengan saudaranya yang sudah lama tidak ketemu, kemudian bedah rumah hunian seorang nenek di daerah Karangpandan, dan yang sekarang dilaksanakan dalam selebrasi Ultah ke 2 kali ini yaitu, memberikan santunan pada duafa dan anak yatim.
 
Dalam acara Anniversary ke 2 ICK yang diselenggarakan di Gedung LPK Janti, Bangsri Karangpandan Karanganyar ini, Kapolres Karanganyar AKBP Henik Maryanto melalui Kasubag Humas AKP Suryanto berpesan, agar bijak dalam menggunakan media sosial, karena dalam perkembangannya kecanggihan teknologi bisa digunakan untuk hal-hal yang sangat baik/positif tapi juga banyak terjadi yang menggunakannya untuk kepentingan yang negative. Masyarakat nitizen, harus berpikir dewasa dalam menyikapi berita viral tertentu, jangan terburu diyakini tanpa ada klarifikasi dahulu, berita bohong tersebut biasa di bilang Hoax.
Kemudian beliau menghimbau kepada sesama media, untuk menciptakan trust kepada masyarakat, dengan menyajikan hal yang dapat diterima secara positif, agar tercipta keadaan yang kondusif, nyaman dan damai, begitu papar AKP Suryanto yang dalam posisinya membawahi tiga bidang, yaitu Unit Pennas (Penerangan Masyarakat), Unit PID (Pelayanan Informasi dan Dokumentasi) dan Multi Media.
 
Kemudian Kanit Laka lantas Iptu Maryadi menyampaikan perbandingan data kecelakaan yang terjadi di wilayah Karanganyar, pada bulan Januari 2016  ada 77 laka lantas meninggal 1 0rang, sedang Januari 2017 ada 73 meninggal 3 orang, bulan Agustus 2016 ada 100 dan Agustus 2017 ada 93 17 luka berat dan 2 meninggal. Bulan November 2016 ada 80 kejadian dan November 2017 ada 62 dengan korban meninggal 2 orang.
Beliau juga menyampaikan Prinsip Aturan Berlalu lintas, bahwa hampir semua kecelakaan didahului dengan pelanggaran.
 
IPTU Nawangsih SH, Kanit Dikyasa (Kepala unit Pendidikan dan Rekayasa Lalu lintas), yang terakhir memberikan edukasi tentang tertib berlalu lintas, dan kehati-hatian dalam berbicara dan membuat statement di medsos, karena ada pepatah, “mulutmu adalah harimaumu”. Dan  belum lama ini karena kesemberonoannya dimedsos, ada seorang nitizen yang “terciduk”,  Iptu Nawang menambahkan, tentang Undang-Undang No 19 Th 2016 bentuk perubahan UU No 11 th 2008 tentang ITE (Informasi dan Transaksi Elektronik), agar bisa di pahami/didownloud untuk acuan berkomonikasi / memberi informasi dan bertransaksi di media elektonik dengan baik dan benar.
Dan untuk anggota grup ICK hendaknya merunut pada visi misinya, yaitu Edukasi tentang tertib berlalu lintas danMewujudkan berbagai kegiatan sosial yang bermanfaat,  itu sudah baik sekali, karena ICK telah menjadi partner makanya agar semua saling menghimbau untuk tertib, dan bisa menjadi Pelopor tertib berlalu lintas, papar Iptu Nawang.
Pada Ulang tahun ke 2 ini, Selain dari Polres dan Satlantas Karanganyar, turut diundang juga grup-grup Medsos lain dari berbagai daerah, seperti Info Cegatan Tulungagung (ICT), Info Cegatan Solo (ICS), Info Cegatan Ngawi (ICN),Info Cegatan Boyolali (ICB), Info Cegatan Wilayah Sragen (ICWS), Cah Sragen Anak Rantau ( CSAR), Keluarga Wonogiri) Sedulur Independent Bikers Solo (SIBS), Solo Spirit, PBI, Gerakan Peduli Sedekah (GPS), 86, Petewele, Ikatan Warga Gunung Kidul (Ikaragil), Avatar, Cinta Karanganyar.
Reporter : Cinka 

Check Also

KEMENKO PMK: PENUHI HAK-HAK PENYANDANG DISABILITAS DAN LANSIA DI SEGALA ASPEK KEHIDUPAN

JAKARTA, MEDIATRANSPARANCY.COM – Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) terus mengupayakan agar hak-hak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *