Monday , 21 May 2018
Home » Berita Terbaru » BABINSA BANTU PETANI BERSIHKAN RUMPUT DI PEMATANG SAWAH

BABINSA BANTU PETANI BERSIHKAN RUMPUT DI PEMATANG SAWAH

DEPOK, MEDIATRANSPARANCY.COM -. Bintara Pembina Desa (Babinsa) Kelurahan Jatimulya, anggota Koramil 03/Sukmajaya, Kodim 0508/Depok, Serda Toha melakukan pendampingan pertanian kepada Kelompok Cinta Tani 2 di RT 001/RW 01 Kelurahan Jatimulya, Kecamatan Cilodong, Kota Depok. Rabu (5/7/2017).

Pada kegiatan pendampingan ini di fokuskan pada pembersihan rumput di pematang sawah.

Serda Toha menjelaskan, gulma atau hama rumput adalah salah satu kendala utama dalam memperoleh hasil yang tinggi dalam budidaya padi sawah.

Di samping itu, kata dia, ada beberapa gulma yang dapat dijadikan tanaman inang oleh hama dan penyakit tanaman padi, sehingga kalau membiarkan gulma tumbuh tanpa dikendalikan, jelas kerugian yang akan didapat termasuk akibat peledakan hama dan penyakit.

“Pengendalian gulma padi sawah umumnya sudah dilakukan para Babinsa dan petani baik dengan penggunaan tenaga manusia (penyiangan tangan) peralatan khusus (landak/gasrok) ataupun cara kimiawi seperti herbisida atau penyemprotan dengan racun gulma tanaman liar.

“Dengan kegiatan ini, tanaman padi akan tumbuh subur dan diharapkan hasil panen akan maksimal,” kata Serda Toha.

Danramil 03/Sukmajaya, Kapten Inf Kholidi mengatakan, anggota Babinsa yang ditugaskan di setiap Kelurahan dalam program ini mendampingi petani untuk membersihan rumput dan menyulami tanaman padi yang tidak tumbuh di lahan milik Kelompok Cinta Tani 2 .

“Dengan adanya kegiatan itu tanaman padi yang ditanam akan tumbuh dengan maksimal dan hasil yang akan dicapai petanipun akan melimpah. Hal ini tidak boleh lepas dari pengawasan Babinsa dan PPL karena dengan adanya pendamping petani maka segala kendala yang di hadapi petani di lapangan akan terpecahkan,” katanya.

Danramil mengatakan, dengan kegiatan seperti ini sangat di sambut baik oleh para petani, hal ini terlihat dari antusias petani bersama anggota Babinsa dalam pembersihan rumput yang ada di sepanjang pematang sawah terlihat sangat semangat walupun panas matahari yang sangat menyengat badan.
Benz

Check Also

DANRAMIL 05/TA MERIAHKAN FESTIVAL PUKUL BEDUG DAN GEMA TAKBIR

JAKARTA, MEDIATRANSPARANCY.COM – Komandan Rayon Militer (Danramil) 05 / Tanah Abang, Kodim 0501/JP BS, Mayor …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *