Home Berita Terbaru KADES SETIA ASIH JADI IRUP HARI KEMERDEKAAN RI KE-73

KADES SETIA ASIH JADI IRUP HARI KEMERDEKAAN RI KE-73

108
0
Bintara Pembina Desa (Babinsa) Desa Setia Asih, Serka Hanafi menjadi Komandan saat pimpin peserta Upacara Kemerdekaan HUT RI Ke-73 tahun 2018 yang digelar dihalaman kantor Desa Setia Asih, Jalan KH. Muhammad Musa Nomor 1, Kampung Tanah Tinggi Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi Jawa Barat pada, Jum’at (17/8) pagi.(dok.istimewa)

KAB.BEKASI, MEDIATRANSPARANCY.COM – Perayaan peringatan hari kemerdekaan HUT RI Ke-73 tahun 2018 ditandai dengan upacara pengibaran bendera dan pembacaan teks proklamasi yang dilaksanakan dihalaman kantor Desa Setia Asih, Jalan KH. Muhammad Musa Nomor 1, Kampung Tanah Tinggi Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi Jawa Barat, selain upacara bendera ini dilakukan serentak di semua penjuru Indonesia pada, Jum’at (17/8/2018) pagi.

Sekretaris Desa Setia Asih, Zaenal Arifin ketika membacakan teks Pancasila saat peringatan Hari Kemerdekaan RI Ke-73 pada, Jum’at (17/8)

Terpantau mediatransparancy.com, bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup), Kepala Desa Setia Asih, Hj. Siti Qomariah, S.IP dengan Komandan Upacara Bintara Pembina Desa (Babinsa) Serka Hanafi dan AIPTU Syarif Hidayat Bimaspol Desa Setia Asih selaku pembina upacara dan acara dimulai tepat pukul 8.00 WIB.

Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih dari MTs At-Taqwa 04 Kampung Bogor, Setia Asih dan moment upacara bendera peringatan kemerdekaan RI Ke-73 ini sekaligus dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Bekasi yang ke-68 tahun.

Pembacaan Teks Pancasila oleh Sekretaris Desa Setia Asih, Zaenal Arifin diikuti seluruh peserta upacara, dilanjutkan dengan pembacaan teks UUD 1945 oleh Kaur Pembangunan, Andi Sopandi dan pembacaan teks proklamasi oleh Kepala Dusun IV, Desa Setia Asih, Bunyami.

Saat memasuki sesi mengenang detik-detik proklamasi ditandai dengan penekan tombol sirine dan peledakan mercon (petasan) membuat suasana semakin khidmat.

Kepala Desa Setia Asih, Hj. Siti Qomariah, S.IP membacakan amanat Bupati Bekasi, Hj. Neneng Hasanah Yassin. Dalam kata sambutannya Kades Setia Asih berpesan dengan mengingatkan kembali, bahwa bangsa yang besar adalah yang selalu menghormati jasa para pahlawannya.

“Hadirin undangan dan peserta upacara yang saya hormati, Dalam kesempatan berbahagia ini saya selaku pribadi dan atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi mengucapkan Dirgahayu Republik Indonesia ke-73,” katanya.

“Pada hari ini adalah merupakan hari yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia, karena 73 tahun yang lalu tepatnya pada tanggal 17 agustus 1945, merupakan titik kulminasi dari perjuangan bangsa indonesia, dengan diploklamirkannya kemerdekaan republik Indonesia oleh presiden pertama RI, Soekarno-Hatta,” tutur Hj. Siti Qomariah, S.IP

“Kemerdekaan yang kita rasakan saat ini merupakan rahmat dan anugerah yang tak ternilai dari Allah SWT, yang telah diperjuangkan oleh para pejuang pendahulu kita dengan linangan air mata, cucuran keringat dan darah, hingga mengorbanan jiwa raga serta harta benda secara tulus dan ikhlas,” ulasnya.

Dalam pemaparannya, Kades yang tampak modis ini juga memaparkan saat perjuangan para pahlawan telah menghasilkan negara yang merdeka dan berdaulat, yang sampai dengan saat ini kita dapat menikmati hasil dari perjuangan para pahlawan tanpa pamrih dari putra-putri terbaik bangsa saat masa-masa kemerdekaan

Oleh karena itu, lanjut Hj. Siti Qomariah, S.IP sudah sepantasnya kita mengucapkan banyak terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya berkat jasa-jasa para pahlawan.

“Serta marilah kita senantiasa mengenang dan mendo’akan serta mampu berusaha mengimplementasikannya. Semoga apa yang telah dilakukan para pahlawan untuk bangsa dan negara menjadikan amal ibadah dan mendapatkan balasan dari Allah SWT, Tuhan yang maha esa,” paparnya.

“Hadirin undangan dan peserta upacara yang saya hormati, perjuangan merebut kemerdekaan tidak hanya dilakukan oleh para tokoh dan pahlawan nasional tetapi juga dilakukan oleh tokoh dan pejuang lokal yang perannya tidak kalah heroik dibandingkan dengan para pejuang di daerah lain. Bekasi memiliki pahlawan nasional KH. Noer Alie yang memiliki semangat nasionalisme yang membara dalam dadanya, yang mampu mengobarkan semangat perjuangan masyarakat dan para pejuang Kabupaten Bekasi untuk melawan penjajah Belanda yang sejak lama menjajah tanah air,” katanya.

“Kemerdekaan bangsa Indonesia yang telah diploklamirkan 73 tahun yang lalu bukanlah akhir dari perjuangan, dengan kata lain perjuangan belum-lah selesai, karena kemerdekaan merupakan warisan yang harus terus kita jaga, kita sebagai generasi penerus senantiasa diberikan kekuatan, kemampuan dan keyakinan untuk tetap berjuang mengisi kemerdekaan bangsa dan negara kita,” imbaunya.

“Akan tetapi untuk menjadi bangsa yang besar memerlukan lebih dari sekadar semangat patriotisme dan ingatan akan sejarah perjuangan bangsa. Sebagai bangsa yang besar, kita juga dituntut untuk memanfaatkan kapasitas dalam berbagai sektorluntuk mengatasi setiap tantangan dan permasalahan yang kita hadapi, dalam mengisi dan mempertahankan kedaulatan bangsa agar tercipta cita-cita dari tujuan proklamasi kemerdekaan yakni rakyat yang adil, makmur dan sejahtera,” terang Kades Setia Asih tersebut.

“Hadirin undangan dan peserta upacara yang saya hormati. Tema nasional pada peringatan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 tahun 2018 yaitu, ”kerja kita prestasi bangsa” terdapat dua kalimat yang merupakan suatu kesatuan yang saling melengkapi. Dan diharapkan dapat memberikan dampak positif kepada masyarakat Indonesia, sehingga menciptakan semangat dalam bekerja bersama membangun negeri,” jelasnya.

“Tema nasional tersebut juga di sinergikan dengan tema pelaksanaan event Internasional Asian Games karena selain bertepatan dengan 73 tahun kemerdekaan bangsa indonesia, kita juga menyambut event Asian Games ke-18, dimana setelah 56 tahun indonesia dipercayakan kembali menjadi tuan rumah pada ajang bergengsi tersebut. Selain itu kita sebagai masyarakat kabupaten bekasi juga turut berbangga, karena kabupaten bekasi juga dipercayakan untuk mendukung penyelenggaraan ajang asian games tersebut, dengan dipilihnya stadion wibawa mukti ke dalam salah satu venue dalam ajang tersebut, untuk itu saya menghimbau kepada seluruh komponen masyarakat kabupaten bekasi dengan semangat kemerdekaan kita, bersama-sama harus memberikan yang terbaik guna mendukung dan mensukseskan penyelenggaraan Asian Games ke-18 Jakarta-Palembang di Indonesia khususnya saat pelaksanaan cabang olahraga yang digelar di Kabupaten Bekasi,” pungkasnya menutup amanat sambutan Bupati Bekasi tersebut.

Acara ditutup dengan pembacaan do’a yang dipimpin oleh Kaur Kesra Desa Setia Asih, Muhidin Wahyu. Serta dimeriahkan dengan persembahan lagu-lagu wajib nasional, yakni Hari Merdeka, Gugur Bunga dan Indonesia Pusaka yang dibawakan oleh murid-murid SD Negeri 02 dan 06 Desa Setia Asih.

Selain itu, usai upacara pengibaran bendera HUT RI dilakukan pelepasan lomba gerak secara simbolik oleh Kepala Desa Setia Asih, Hj. Siti Qomariah, S.IP yang diikuti oleh jenjang pendidikan dari SMK At-Taqwa 01, SMP/MTs At-Taqwa 04, dan SD Negeri 02, 03 dan 06 Desa Setia Asih.

 

Reporter : Ach Zark
Editor   : Ahmad Z

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here