Friday , 20 October 2017
Home » Berita Terbaru » MENDIKBUD: MENYANYIKAN LAGU INDONESIA RAYA TIGA STANZA UNTUK KEPENTINGAN PENDIDIKAN
Mendikubd menjadi Pembina Upacara Bendera di SMPN 1 Cimahi. foto/Humas Kemendikbud

MENDIKBUD: MENYANYIKAN LAGU INDONESIA RAYA TIGA STANZA UNTUK KEPENTINGAN PENDIDIKAN

CIMAHI, MEDIATRANSPARANCY.COM – Mengawali kunjungan kerja di kota Cimahi, Provinsi Jawa Barat, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menjadi Pembina Upacara Bendera di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 4 Cimahi, Jawa Barat, Senin (11/9/2017).

Senin pagi ini, Mendikbud kembali menyosialisasikan lagu kebangsaan Indonesia Raya tiga stanza, yang sebelumnya sudah dilaksanakan lagu Indonesia Raya tiga stanza seperti di SMKN 6, Jakarta, Senin (18/9/2017),  SMPN 1 Kuningan, Jumat (8/9/2017),  SMA YMIK Jakarta, Senin (28/8/2017),  SMPN 1 Jaksel, Senin (21/8/2017), dan SDN Grogol Selatan Jakarta, Senin (14/8/2017).

“Untuk kepentingan pendidikan, di lingkungan pendidikan kita berlakukan kewajiban menyanyikan lagu Indonesia Raya tiga stanza,” kata Mendikbud di lapangan SMP Negeri 4 Cimahi, Senin (11/9/2017).

Lagu Indonesia Raya yang utuh, menurut Muhadjir, jauh lebih baik daripada sepertiganya saja. Makna di bait satu sampai tiga saling terkait dan tidak dapat dipisahkan. “Anak-anakku sekalian, marilah kita mencintai lagu kebangsaan Indonesia Raya ini sebagai bagian dari nasionalisme dan cinta tanah air,” ajak Mendikbud.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Cimahi Dikdik S. Nugrahawan mendukung kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk mengajarkan siswa menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya tiga stanza. Dinas Pendidikan Kota Cimahi akan turut menyosialisasikan lagu kebangsaan tiga stanza melalui kegiatan belajar dan kegiatan-kegiatan yang melibatkan guru dan tenaga kependidikan.

“Ada makna penting terkandung di dalam stanza kedua dan ketiga. Kita harap siswa dapat menyadari bahwa kita ini bangsa yang besar,” ujarnya.

Faisal Indra, siswa kelas IX yang menjadi pengibar bendera menyampaikan rasa bangganya bisa mengibarkan bendera di upacara pagi ini. Diakuinya, upacara pagi ini adalah kali pertamanya mendengar lagu Indonesia Raya tiga stanza.

Dalam arahannya, Mendikbud Muhadjir mengapresiasi poin-poin janji siswa yang dibaca bersama pagi ini. Selain hormat kepada orang tua, guru besar Universitas Negeri Malang itu menitipkan pesan agar para siswa giat belajar. “Tekun belajar saja tidak cukup. Hanya mereka yang mau belajar lebih keras yang dapat memenangkan persaingan global yang semakin sengit ini,” pesannya.

SEKOLAH DI JAKARTA BELUM SEMUA SIAP NYANYIKAN LAGU INDONESIA RAYA TIGA STANZA

Dari pantauan media ini di beberapa sekolah di Jakarta ada yang sudah siap menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan tiga stanza seperti SMAN 94 Jakarta 17 Agustus 2017 lalu sudah menyanyikan tiga stanza, dan yang lainnya masih menunggu instruksi Dinas Pendidikan, dan ada juga masih latihan dimasing-masing ruang kelas.

“Kami sudah persiapkan latihan dengan matang beberapa hari sebelum pelaksanaan dan anak-anak pun semangat dengan penuh pendampingan dari kita sebagai para pendidik selama berlatih,” kata Nengsih, Kepsek SMAN 94, Jakbar beberapa waktu lalu.

“Kita menuggu instruksi dari pimpinan untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya tiga stanza saat Upacara Bendera, namun kita sudah mulai latihan di masing-masing kelas,” kata Tatang Kepsek SDN Joglo 9, Jakbar, Jumat (22/9/2017).

Sementara itu, Kepsek SMPN 219, Kusnadi mengatakan, untuk pelaksanaannya menunggu surat edaran dari Sudindik Wilayah II Jakbar atau dari Dinas Pendidikan Prov DKI Jakarta, namun, kata dia, pihaknya sudah mulai melatih karena butuh latihan dan penyesuaian musik dengan lagu Indonesia Raya tiga stanza dengan saat mengibarkan bendera merah putih.

Diruang kerjanya, Jumat (22/9/2017), Nana Sutrisna, Kepsek SMPN 206, Jakarta Barat mengatakan, untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya tiga stanza saat upacara bendera setiap Senin belum dilaksanakan, tapi, kata dia, tidak perlu menunggu instruksi atau surat edaran dari Dinas Pendidikan, dan awal Oktober 2017 akan dimulai menyanyikan lagu Indonesia Raya tiga stanza, namun perlu waktu untuk latihan. “Butuh latihan penyesuaian musik dengan lagu dan saat pengibaran bendera Merah Putih, tapi saat ini sudah dimulai di setiap kelas sebelum mulai kegiatan belajar berlatih menyanyikan lagu Indonesia Raya tiga stanza. Awal bulan Oktober kita sudah siap,” kata Nana seraya menambahkan, dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya tiga stanza akan semakin memberikan penguatan pendidikan karakter kepada siswa-siswi, sebagaimana disebutkan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945 PEMBUKAAN (Preambule) baru masuk ke UUD.

Terkait lagu Indonesia Raya tiga stanza di SMAN 112, Jakarta Barat, Kasubag TU, Nina mengatakan, seusai setiap upacara bendera, dibagikan fotocopy lagu Indonesia Raya tiga stanza kepada para siswa kelas X, XI, dan kelas XII latihan menyanyikan lagu Indonesia Raya tiga stanza, sehingga dalam waktu dekat, sudah siap saat upacara bendera menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan Tiga Stanza.

Namun, salah satu guru sejarah di Jakarta Barat menanggapi menyanyikan lagu Indonesia Raya tiga stanza tidak sembarangan merubah, karena untuk men yanyikan lagu Indonesia Raya sudah ada Kepresnya, namun, dirinya tidak bisa menyebutkan Kepres berapa. “idak bisa asal merubah sudah ada Kepresnya tentang lagu Indonesia Raya satu stanza. Saya sebagai guru sejarah perlu ditinjau Kepresnya kalau ada perubahan menjadi tiga Stanza,” katanya kepada media ini beberapa waktu lalu terkait dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya tiga stanza. (Ebenezer Sihotang)

 

 

Check Also

ARJUNA EV UGM RAIH 2 PENGHARGAAN DI KANCAH INTERNASIONAL

JEPANG, MEDIATRANSPARANCY.COM – Pada ajang pertamanya di level internasional, Arjuna EV UGM menunjukkan kelasnya di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *