Sunday , 22 July 2018
Home » Berita Terbaru » MUDIK MERUPAKAN TRADISI INDONESIA

MUDIK MERUPAKAN TRADISI INDONESIA

MEDIATRANSPARANCY.COM – Hari Raya idul Fitri atau Lebaran merupakan suatu ibadah yang tak tertulis tanpi, merupakan suatu tradisi bagi para perantau yang meninggal kampung halaman. Tetapi ada juga sebagian yang memiliki mertua luar kota Jakarta. Inti Mudik itu silahturahmi antara saudara yang berada diluar kota Jakarta persepsi saya pribadi.

Sedangkan bahasa lainya artinya Mudik adalah kegiatan perantau/pekerja migran untuk kembali ke kampung halamannya.Mudik di Indonesia identik dengan tradisi tahunan yang terjadi menjelang hari raya besar keagamaan misalnya menjelang Lebaran.

Alhamdulilah untuk lebaran tahun ini, sayapun masing diberikan kesempatan besilahturahmi ke sanak saudara dan orang tua di Desa Sidomukti Kecamatan Abung Timur Kabupaten Lampung Utara Propinsi Lampung.

Bahkan ada istilah di zaman Nowga mudik ga Keren. Dan Mudik merupakan suatu tradisi yang baik buat menjalin hubungan yang terputus secara nyata. Meski sudah ada alat komunikasi baik itu Fabecok (FB). WhatsApp(WA), Instalgram ( IG) dan akses dunia maya lainya.

Pemandangan mudik yang kesekian kalinya terasa penuh tantangan, cobaan, hiburan dan kenikmatan baik lahir serta bathin.

Mudik juga sarana komunikasi serta tabayun antara anak dengan orang tua, kakak dengan adiknya, suami dengan Anak Istrinya, Santri dengan Kiainya, Murid dengan Gurunya dan Pejabat dengan Rakyatnya. Dan yang lebih utama lagi kita bisa ziarah ke orang tua, Guru, Kiai yang sudah meninggalkan kita semua.

Semoga Mudik tahun ini membawa berkah, manfaat dunia dan akhirat. Amin.

Kang Akmal (Alumni PP Qomarul Hidayah Gondang Trenggalek Jawa Timur)

.

Check Also

KAPOLRES METRO BEKASI KOTA : INFORMASIKAN KEPADA POLISI JIKA ADA INDIKASI KEGIATAN RADIKAL DAN TERORISME

KOTA BEKASI, MEDIATRANSPARANCY.COM – Terorisme (Tindakan dan Kegiatannya-red) adalah musuh bersama. Kejam dan sadis. Mari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *