Saturday , 16 December 2017
Home » Berita Terbaru » PEMKAB BEKASI DIMINTA MAHASISWA MAKSIMALKAN DESTINASI WISATA DI BEKASI

PEMKAB BEKASI DIMINTA MAHASISWA MAKSIMALKAN DESTINASI WISATA DI BEKASI

KAB. BEKASI, MEDIATRANSPARANCY.COM – Kawasan teritorial Kabupaten Bekasi Jawa Barat adalah salah satu wilayah Kabupaten terluas dan potensial di Indonesia. Sebagai salah satu wilayah penyangga dan mitra ibukota sudah selayaknya Kabupaten Bekasi bisa disebut sebagai the new megapolitan dengan berbagai macam kawasan industri dan arus urbanisasi penduduk hingga 3 juta penduduk.

Rombongan Mahasiswa FORMASI saat melakukan observasi destinasi wisata dengan menumpangi speed boat nelayan lokal di kawasan Pantai Beting, Muara Gembong Jawa Barat pada, Jum’at (Foto: Zarkasih)

Demikian yang disampaikan Rizki Eza, mantan Ketua Forum Komunikasi Mahasiswa Kabupaten Bekasi (FORMASI), ketika melakukan observasi destinasi wisata ke kawasan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi Jawa Barat pada, Jum’at (24/11/2017).

Menurutnya, pariwisata memang hanya pelengkap dalam pembangunan, namun ini bisa berdampak baik untuk perkembangan pembangunan khususnya bagi ekonomi,  sosial dan budaya masyarakat Kabupaten Bekasi.

Berdasarkan data yang dihimpun transparancy.com, dalam penuturannya Rizki juga mengatakan bahwa Kabupaten Bekasi harus mendapat perhatian khusus dari pemerintah pusat, salah satunya yaitu tentang pembangunan pariwisata.

“Saya melihat program untuk meningkatkan pariwisata hanya masih opini tanpa realisasi. Kabupaten Bekasi kalah saing dengan karawang,  padahal Kabupaten Bekasi punya Danau, Situ, Mall, Kawasan Industri berskala Internasional dan juga pantai yang indah. Pemeliharaan, strategi pemasaran/iklan dan kelengkapan fasilitas wisata menjadi masalahnya,” tututnya.

Seperti diketahui Kabupaten Bekasi merupakan wilayah yang sangat penting bagi perekonomian nasional. Daerah yang banyak terdapat kawasan Industri Internasional di dalamnya, dan juga merupakan jalur utama dan akses utama masuk ke wilayah Ibu Kota Negara.

Tidak hanya kawasan industri saja yang terkenal di Kabupaten Bekasi, namun daerah ini juga memiliki banyak destinasi wisata. Diantaranya wisata pantai, wisata alam, hutan lindung dan tempat-tempat rekreasi yang menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Selain itu, lanjut Rizki wilayah- wilayah yang mampu mendatangkan PAD untuk pemerintah daerah melalui destinasi kawasan wisatanya. Seperti, Pantai Beting, Pantai Pakis,  Situ Cibereum, Situ Binong, Hutan mangrove (dengan lutung Jawa-nya yang terkenal) Muara Gembong, Saung Ranggon, Taman Buaya, Gedung Juang, Perahu Masjid dan Cibarusah serta yang lainnya.

Lebih lanjut dalam pemaparannya Rizki menilai, sebagai generasi muda Kabupaten Bekasi dirinya sangat menyayangkan dengan kekuatan jumlah penduduk 3 Juta dan mempunyai destinasi wisata yang beraneka ragam banyaknya namun belum bisa dimaksimalkan oleh pemerintah daerah.

“Saya menyayangkan dengan penduduk yang berjumlah 3 juta dan mempunyai pariwisata alam maupun buatan tetapi tidak bisa dimaksimalkan. Seharusnya hal ini bisa menjadi aset Kabupaten Bekasi ke depan dan menjadi tempat rehat dari kesibukan kota dengan jumlah pekerja yang banyak,” pungkasnya.

Reporter : Ach Zarkasih / Hb

Check Also

KEMENKO PMK: PENUHI HAK-HAK PENYANDANG DISABILITAS DAN LANSIA DI SEGALA ASPEK KEHIDUPAN

JAKARTA, MEDIATRANSPARANCY.COM – Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) terus mengupayakan agar hak-hak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *