Home Berita Terbaru PENGURUS PAGUYUBAN PEKERJA PROYEK PURWODADI-GROBOGAN (P4G) RESMI DI LANTIK

PENGURUS PAGUYUBAN PEKERJA PROYEK PURWODADI-GROBOGAN (P4G) RESMI DI LANTIK

96
0

JAKARTA, MEDIATRANSPARANCY.COM – Pekerja adalah Buruh, para pekerja telah dipahami secara harfiah dengan beragam. Sebagian memilih disebut buruh, sebagian yang lain merasa dirinya lebih pantas disebut pegawai atau karyawan. Akan tetapi, apakah semua jika seseorang yang bekerja selalu dilindungi pemerintah? maka Jika iya, mengapa masih ada dalam beberapa kasus tindakan diskriminatif terhadap pekerja (kuli) proyek bangunan? Mengapa pula, jika mereka terkena musibah, terluka saat mengalami kecelakaan kerja hingga ada yang sampai meninggal dunia diduga malah ditutup-tutupi?

Hal inilah yang menjadi dasar dan landasan persatuan pekerja proyek melalui konsep terobosan di daerah Purwodadi dan Grobogan, Jawa Tengah. Dengan mengusung slogan “Berdiri sama tinggi duduk sama rendah” Paguyuban Pekerja Proyek Purwodadi-Grobogan (P4G) menyelenggarakan Kopi Darat (Kopdar) Akbar dan Pelantikan Pengurus P4G yang digelar di pantai Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara pada, Minggu (15/4/2018) siang.

Ketua umum P4G, Muhamad Zainuri menjelaskan terkait tujuan utama paguyuban ini diantaranya, dapat Menjalin persaudaraan dalam suatu wadah organisasi paguyuban, Meningkatkan kompetensi teknis dengan cara saling bertukar informasi diantara anggota P4G, Menghimpun dan mengkoordinasi para pekerja proyek dari Kabupaten Grobogan dalam suatu wadah atau perkumpulan.

Saling menghormati sesama anggota P4G dan membantu apabila ada anggota yang sedang mengalami permasalahan atau musibah, Menjalin hubungan baik dengan organisasi lain, seperti perkumpulan, badan usaha atau lembaga lainnya baik di dalam negeri maupun diluar negeri.

Dengan VISI yang Menjadikan P4G sebagai organisasi atau paguyuban yang memiliki reputasi baik yang menjunjung tinggi nilai-nilai budaya gotong royong serta untuk mencapai kemajuan seluruh anggotanya.

Sementara untuk MISI-nya, yakni Membantu mengembangkan potensi SDM para pekerja sektor konstruksi dari Kabupaten Grobogan, Berperan secara nyata sebagai media informasi lowongan kerja ataupun info borongan pekerjaan untuk anggota, Menjadikan paguyuban ini sarana untuk mengurangi pengangguran khususnya warga Grobogan dimanapun berada.

Dalam hal ini, Paguyuban berkewajiban melindungi dan menjembatani permasalahan anggota P4G dari permasalahan yang timbul di dunia konstruksi, Memelihara persahabatan dan kesatuan sesama anggota P4G serta mengedepankan asas musyawarah kekeluargaan, serta mampu Berorganisasi secara baik dan benar.

Zainuri dalam penuturannya juga mengatakan dengan mengusung tema ‘Kita satukan Visi dan Misi, berkarya dan bekerja demi kemajuan pembangunan Kabupaten Grobogan’. “Beranggotakan sekitar 2.500 pekerja serta didukung 300  mitra P4G menjadikan paguyuban ini optimis dalam membangun sinergitas, solidaritas dan mampu menyelesaikan permasalahan maupun sengketa pekerja proyek,” tuturnya.

Hal senada disampaikan Sekjen P4G, Ahmad Effendi yang mengatakan bahwa diperlukan perlindungan hukum bagi para pekerja proyek kedepannya. “Sementara untuk targetnya menjadikan pekerja proyek Purwodadi – Grobogan yang maju, kreatif, produktif, serta inovatif dalam bidang pembangunan dan pastinya mempu menciptakan jadi nomor 1 dalam hal kualitas dan hasil diproyek bangunan,” ujar Effendi.

Sementara itu, ketika ditanya mediatransparancy.com, Lili Sutiyono selaku ketua panitia acara kegiatan sangat mengapresiasi atas kekompakan dan solidaritas yang ditunjukkan seluruh anggota yang hadir dari wilayah Jawa Tengah maupun wilayah lain.

“Sebagai panitia ada rasa bangga atas terlaksananya kegiatan yang diselenggarakan berjalan dengan baik, lancar, aman dan nyaman. Tak luput apresiasi saya untuk seluruh anggota maupun komunitas yang ikut andil dalam rangka menyemarakkan acara,” ungkapnya.

Kegiatan acara kopdar dan pelantikan pengurus P4G ini juga dihadiri seorang relawan dari Grobogan, Bambang yang merupakan CEO PT Putra Master yang ingin membantu melalui konsep bersama dengan menggunakan aplikasi online menyangkut pengembangan SDM pekerja dan informasi seputar proyek. “Saya Diundang oleh ketua umum paguyuban, Muhamad Zainuri dan diminta dapat membantu dari sisi IT. Jadi sifatnya saya hanya relawan P4G,” pungkasnya.

Kelak, melalui perjalanan panjang pekerja proyek di Indonesia yang kadangkala selalu mengalami ketidakadilan dari berbagai aspek, P4G yang merupakan serikat hadir untuk dapat memberikan perlindungan dan pengembangan teknologi serta informasi bagi para pekerja proyek se-Indonesia.

Reporter : Ach Zark
Editor : Ahmad Z

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here