Saturday , 23 June 2018
Home » Adat » SEMARAKKAN HARI JADI SRAGEN KE 272 SANGGAR SENI SEKAR TERATAI LARAS SAJIKAN PAGELARAN WAYANG KULIT

SEMARAKKAN HARI JADI SRAGEN KE 272 SANGGAR SENI SEKAR TERATAI LARAS SAJIKAN PAGELARAN WAYANG KULIT

SRAGEN, MEDIATRANSPARANCY.COM – 27 Mei adalah hari yang bersejarah bagi kabupaten Sragen, dimana banyak komponen masyarakat Sragen antusias ikut merayakan hari jadi yang pada tahun 2018 ini memasuki usia yang ke 272. Salah satu komponen masyarakat budaya dari Sanggar Seni Sekar Teratai Laras ikut berpartisipasi menyelenggarakan pagelaran wayang kulit di Letjen Sutoyo, Krapyak Sragen Wetan, kediaman Dr. Sarbini. SH. MH.

Menurut Ketua Penyelenggara sekaligus Ketua Sanggar Seni Sekar Teratai Laras, Ki Kirdi Kadam Darsono, acara ini diselenggarakan untuk memperingati hari Sragen Asri yang ke 272, sekaligus mensosialisasikan bahwa adanya sanggar seni ini mempunyai tujuan dan visi misi yang baik, yaitu mengakomodir para seniman kususnya warga Sragen untuk mengeksplorasi dan mendarmakan potensinya guna kemajuan dan memberi identitas Daerah Sragen. Ditemui Mediatransparancy.com, ketua Sanggar Seni Teratai Laras memaparkan programnya dalam jangka pendek, menengah dan panjangnya yaitu “ jangka pendeknya, meningkatkan potensi atau kemampuan para seniman seniwati yang ada di kabupaten Sragen, jangka menengahnya menampung semua elemen masyarakat baik anak,remaja maupun dewasa untuk digladi, diberikan pembelajaran baik teoritis, maupun praktek, sehingga yang lulus dari pelatihan-pelatihan di sanggar seni ini, akan menjadi praktisi-praktisi seni aktif. Jangka panjangnya, salah satunya kami mempunyai program wayang masuk sekolah. Tentunya ini harus disadari semua pihak, bahwa program uri-uri budaya dan edukasi kesenian ini penting, karena ini termasuk ilmu dan membawa jati diri khas setiap daerahnya,” papar Ki Kirdi dengan penuh semangat.

Pada pagelaran wayang kali ini, mengambil lakon “Sumilak’ing Pedut Amarta”, ditanyakan dari lakon tersebut, apakah ada harapan dan tujuan untuk Kabupaten Sragen ini, Ki Kirdi menjawab,” menurut para sepuh dalang yang hendak melakonkan ini, diharapkan kepada bangsa Indonesia umumnya, dan Kabupaten Sragen kususnya, agar dari banyak maraknya prahara yang melanda, seperti terror dan hal lain yang mengganggu stabilitas keamanan, bisa kalis dari bencana dan masyarakat bisa merasakan aman tentram damai selamanya,” terang Ki Kirdi penuh optimisme.

Ditemui disisi lain, pemilik tempat diselenggarakannya pagelaran, DR. Sarbini SH. MH yang juga Ketua DPD KPK Tipikor Sragen, yang berkantor dikediamannya sekaligus penasehat Sanggar Seni Sekar Teratai Laras menyampaikan bahwa “ Sragen dari dulu mendapat julukan Gudang Seni, karena memang banyak seniman di daerah ini, dengan adanya sanggar seni ini, diharapkan seniman Sragen terakomodir dan terintegrasi, sehingga diharapkan melalui para seniman ini, budaya Sragen akan tetap terlestarikan dan terangkat “, papar Sarbini. Selain itu beliau juga mengingatkan bahwa “ masyarakat jangan sampai ada persepsi bahwa perangkat gamelan dan fasilitas yang dipunyai ini hanya sekedar untuk dibisniskan, tapi sebenarnya siapapun bisa dan silahkan memakai, misal untuk event-event desa silahkan kalau mau menggunakan hanya siapkan bea transportasi saja” jelasnya.

Pagelaran wayang tersebut dimeriahkan oleh empat orang dalang yang tampil bergiliran, yaitu Ki Karno KD, Ki Mudho Wibowo, Ki Hartono, Ki Temon Selain itu banyak para seniman seniwati yang ikut menyemarakkan seperti Ki Thengkleng, Ki Menur, Ki Jumadi (ketua karawitan), dalang perempuan, Nyi Tutik Cempluk, lawakan Slenger- Mindil, serta banyak seniman seniwati muda berbakat lainnya. Dari Paguyuban Keraton Solo di Sragen Kanjeng Rawuh juga hadir, kemudian turut hadir pula memberikan apresiasi, semangat serta partisipasi Wakil ketua DPRD Sragen Bambang Widjo Purwanto dan para anggota DPRD Sragen Sri Pambudi, Tohar Ahmadi dan Sukamto.

Jurnalis : Mulyanto LHW

Check Also

DANREM 032/WIRABRAJA PIMPIN SERTIJAB DANDIM 0308/PARIAMAN.

PARIAMAN, MEDIATRANSPARANCY.COM – Mutasi jabatan dalam lingkungan Tentara Nasional Indonesia (TNI) merupakan suatu hal yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *