Saturday , 25 November 2017
Home » Berita Terbaru » Sowan Nang Kyai Ma’ruf Amin

Sowan Nang Kyai Ma’ruf Amin

JAKARTA, MEDIATRANSPARANCY.COM – Selasa 5 September 2017. Pagi pukul 07.00 Wib, saya bersama kawan sowan nang dalemnya Ketua Umum MUI Pusat dan Rois Am PBNU KH. Ma’ruf Amin.

Meski jabatan penuh di pundaknya tetapi rumah beliau yang terletak di Jalan Lorong 27 No. 37 Kelurahan Koja Jakarta Utara terlihat sederhana dan biasa saja.

Dengan mengucapkan Assalamulaikum aku ketuk pintu rumahnya, tak selang berapa lama datang seorang wanita muda membukannya.

Ada pak Kyai mbak, tanyaku pada dia, hoo yah ada mas tunggu sebentar sambil mempersilakan aku masuk.

Ini kali ke empat saya sowan ke mantan wantimpres di era Priseden Susilo Bambang Yodhoyono ( SBY ) periode 2009 -2014.

Hanya menunggu sekitar 15 menit , tak lama sosok Kyai bersahaja dengan menggunakan koko putih, kopiah putih, serta sarung berwarna coklat garis – garis datang sambil berkata maaf mas agak lama nunggu yah, ucap kyai ma’ruf kepada kami.

Sebagai alumni satri *Pondok Pesantren Qomarul Hidayah, Trenggalek Jawa Timur,* ada ulama besar wajib cium tangan sebagai rasa takzim dan hormat atas keilmuan beliau jadi selayaknya kita memberikan penghormatan yang setingginya terlebih lagi sebagai Rois Am PBNU.”ucapku dalam hati”

Koperasi Pesantren

Ditemani secangkir teh manis, dan kue kue kecil yang terdapat dimeja kaca berukuran satu meter. Ada sekitar lima macam lebih makan ringan yang disediakan buat kami seperti kurma, kacang, tar, roti dan lain sebagainya.

Sambil menikmati secangkir teh manis hangat, obrolan kami dengan Pengasuh Pondok Pesantren “Tanaran Syeah Nawawi Al Bantani Serang Banten”.

Dari mulai Kasus Ahok, dana Haji, Rohigyah, Full Day School ( FDS), sampai persoalan Koperasi Pesantren dan Ekonomi Umat Islam semua kami dengarkan dengan serius dan seksama dari mulut Dzuriah Syeah Imam Nawami, kata demi kata dan bait demi bait yang semuanya penuh arti maknanya.

Disini saya akan menulis tentang ekonomi umat tidak berkembang dengan persoalan yang ada pada saat ini.
Selaku Rois Am dan Ketua Umum MUI Pusat, dirinya selalu melontarkan ide ide soal ekonomi umat dan bangkitkan koperasi pesantren.

“Alhamdulilah hasil diskusi saya dengan Presiden Jokowi, menteri, BUMN dan para pengusaha Nasional gagasan selalu diterima dengan lapang dada dan segera ditindak lanjuti” tuturnya.

Sebagai Doktor ilmu Ekonomi Syariah, hampir semua Bank yang berbentuk Syariah pasti mencantumkan nama beliau sebagai jajaran Komisaris, dengan pemahaman fiqih yang mempuni dibidangnya maka bicara Hukum Syariah beliau menjadi panutan dalam persoalan ini.

Bahkan Kyai Ma’ruf Amin, sangat dihandalkan dan bisa menguasai persoalan seperti saat ini. Dan yang baru mengenai penolakan sebagai masyarakat soal dana Haji yang digunakan untuk pembangunan atau Infraksuktur.

Kembali ke pengembangan ekonomi umat sudah ada 50 pesantren Nahdlatul Ulama ( NU ) yang mendirikan koperasi pesantren yang bekerjasama dengan pemerintah atau swasta , contoh Ponpes Sindogiri, Tambak Beras, Lirboyo , Tanaran dan lain sebagainya.

Hasil dari kerjasamanya tersebut saat ini sudah bisa dirasakan oleh santri, guru , ust dan masyarakat sekitar pondok.

Bahkan MOU PBNU dengan pihak pemerintah dan swasta sedang kita tingkat kan dalam pengembangan ekonomi umat dengan program peternakan, pertanian, UKM, perikanan, dan perkebunan.

Insya Allah kalau semua program berjalan umat Isalam wabil khusus keluarga besar Nahdlatul Ulama ( NU ) bisa merasakan dan menikmati program tersebut.

Tak terasa waktupun begitu cepat, akhirnya mejengan, dan obrolan yang disampaikan oleh mantan anggota DPR RI, selesai ketika ada ada telpon dari salah satu petinggi Negara yang akan bersilahturahmi denganya.
“maaf kyai, ada telpon masuk dari beliau” ucap ajudanya.

 

KH. Ma’ruf Amin, berpesan kepada saya dan kawan – kawan.

*Ayuk kita*Ekonomi Kita Bunyikan*Politik Kita Langkahkan*

Penulis: Kang Akmal, alumni Ponpes Qomarul Hidayah)*_

Check Also

PANGLIMA TNI: SAMPAI KAPANPUN TNI TIDAK PERNAH MELUPAKAN PARA PEJUANG DAN SENIOR

JAKARTA, MEDIATRANSPARANCY.COM – “Kami ingin jiwa dan semangat luhur yang melekat pada TNI dapat terus …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *