Saturday , 16 December 2017
Home » News » Daerah » UNTUK KEMAJUAN JAMBI, GUBERNUR HARAP INOVASI DERAH TERUS DITINGKATKAN

UNTUK KEMAJUAN JAMBI, GUBERNUR HARAP INOVASI DERAH TERUS DITINGKATKAN

Kota Jambi, Transparancy.com – Gubernur Jambi, H.Hasan Basri Agus (HBA) mengharapkan agar inovasi daerah terus ditingkatkan, dengan tujuan untuk kemajuan Provinsi Jambi. Harapan tersebut dikemukakan oleh gubernur dalam Pembukaan Rapat Koordinasi Penguatan Sistem Inovasi Daerah (SIDa) Provinsi Jambi, bertempat di Ruang Mayang Mangurai Bappeda Provinsi Jambi, Senin siang (9/6).

Rapat koordinasi (Rakor) tersebut dihadiri oleh Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Republik Indonesia, Prof.Dr.Ir.H.Gusti Muhammad Hatta, yang memberikan kuliah umum kepada para peserta Rakor. Gubernur menyatakan, Rakor ini sebagai forum koordinasi dan sinergitas, sebagai tahapan penting dalam menyusun sebuah roadmap Sistem Inovasi Daerah (SIDa).
Gubernur menjelaskan, selaras dengan adanya MP3EI (Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia), SIDa dimaksudkan bisa sebagai instrumen kebijakan peningkatan kemampuan Iptek yang mendukung strategi utama pelaksanaan program MP3EI, yang sudah tentu merupakan upaya peningkatan daya saing daerah.

“Oleh sebab itu, diperlukan penyusunan roadmap SIDA, yang berfungsi sebagai pedoman untuk mengimplementasikan setiap inisiatif strategis untuk mengembangkan potensi daerah, sehingga tujuan pembangunan daerah dapat tercapai secara optimal dan efektif,” ujar gubernur.
Selain itu, gubernur menekankan agar Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) tidak berpikir lokal, namun berpikir nasional bahkan jika memungkinkan untuk berpikir internasional, dan untuk itu sangat dibutuhkan inovasi dan kreativitas.

Dalam upaya peningkatan kreativitas daerah yang dituangkan dalam SIDA, gubernur berharap supaya kedatangan Menristek ini bisa menstimulasi daerah, terutama SKPD yang bersangkutan untuk lebih lagi meningkatkan inovasi dan kreativitas.Dalam sambutan tertulis Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, H.Gamawan Fauzi yang dibacakan dan disampaikan oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (BPP), Afriadi S. Hasibuan, ditekankan pentingnya inovasi dalam pelaksanaan program pembangunan karena dengan inovasi,program pembangunan bisa dilaksanakan dengan lebih efektif dan efisien.

Untuk itu, Mendagri mengharap agar Pemerintah Daerah mendorong terciptanya inovasi dan kreativitas dalam pelaksanaan program pembangunan.Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Provinsi Jambi, Arif Munandar, dalam laporannya menyampaikan, rapat koordinasi ini merupakan rapat koordinasi yang pertama pada tahun 2014.Arif Munandar menyatakan, tema rapat koordinasi ini adalah, “Melalui Rapat Koordinasi Penguatan Sistem Inovasi Daerah, Kita Wujudkan Pembangunan Iptek Menuju Jambi EMAS 2015).

Setelah Rakor dibuka oleh gubernur, Menteri Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Gusti Muhammad Hatta menyampaikan kuliah umum dengan judul Peningkatan Daya Saing Daerah Melalui Implementasi Sistem Inovasi Daerah.Menristek menegaskan bahwa nilai tambah merupakan kunci lompatan ekonomi.Gusti Muhammad Hatta menyatakan, Kementerian Ristek mengadakan program Pembuatan Pusat Unggulan Daerah, sesuai dengan potensi daerah.

Gusti Muhammad Hatta menjelaskan berbagai upaya yang dilakukan oleh Kemenristek dengan berbagai instansi yang dibawah koordinasinya yaitu BATAN, LIPI, LAPAN, BPPT, BIG, Bapeten, dan Badan Standar Nasional (BSN) dalam meningkatkan nilai tambah produk-produk Indonesia dan dalam menghasilkan inovasi teknologi.Selanjutnya, Menristek memberikan buku kepada Gubernur Jambi, yaitu buku yang berisikan hasil penelitian putra-putri Indonesia, yang dibatasi dicetak sebanyak 100 eksemplar, dengan judul “105 Indonesia Inovation.” Setelah itu, Walikota Sungai Penuh, Prof.Dr. Asafri Jaya Bakri memaparkan Penguatan Sistem Inovasi Daerah Kota Sungai Penuh; Peningkatan Ekonomi Kerakyatan Berbasis Agro Industri Sirsak.
Selanjutnya, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat menyampaikan paparan tentang Ekonomi Kerakyatan Berbabasis Agro Industri Melalui Kopi Tungkal Komposit.

Usai acara, Menristek dan Gubernur Jambi melihat Kopi Tungkal Komposit yang dipamerkan di tempat acara, dalam bentuk tanaman lengkap. Bahkan, Menristek dan Gubernur Jambi meminum kopi tersebut yang sudah diolah dan disajikan menjadi minuman kopi.Turut hadir dalam acara tersebut, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah se Provinsi Jambi, perwakilan dari akademisi Provinsi Jambi, serta undangan lainnya. (hms/lia)

Check Also

AKSI SOLIDARITAS MASYARAKAT SRAGEN UNTUK PALESTINA

AKSI DAMAI WUJUD KEDEWASAAN DEMOKRASI MASYARAKAT MUSLIM SRAGEN   SRAGEN JATENG, MEDIATRANSPARANCY.COM -. Bakda Sholat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *