Saturday , 23 September 2017
Home » Adat » Zola Harap Lembaga Adat Melayu Jadi Perekat Sosial

Zola Harap Lembaga Adat Melayu Jadi Perekat Sosial

H.Zumi Zola, Gubernur Jambi : Kita ingin bersamo, “kemenakan berajo ke mamak, mamak berajo ke mufakat, mufakat berajo ke undang-undang, undang-undang berajo ke yang benar, yang benar berdiri sendiri berdasarkan alur patut, dapat mewarnai kehidupan kita keseharian,”

KOTA JAMBI, MEDIATRANSPARANCY.COM – Gubernur Jambi, H. Zumi Zola Zulkifli,S.TP,MA mengharapkan agar keberadaan Lembaga Adat Melayu (LAM) menjadi perekat kehidupan sosial kemasyarakatan, yang berdampak sangat positif dalam mendukung pembangunan. Harapan tersebut dikemukakan oleh Zola dalam Pengukuhkan Kepengurusan Lembaga Adat Melayu (LAM) Provinsi Jambi Masa Bhakti 2016-2021, di rumah dinas Gubernur Jambi, Kamis (13/04/2017) siang.

Pada Pengukuhan yang berlangsung dengan hikmad tersebut, H. Hasip Kalimuddin Syam kembali terpilih sebagai Ketua LAM Provinsi Jambi.

Gubernur menghimbau seluruh komponen pembangunan kemasyarakatan di Jambi untuk secara bersama berupaya menata tata nilai demokrasi yang hidup di masyarakat agar tidak terkontaminasi oleh tata nilai kebebasan liberal dan radikal, kebebasan tanpa nilai. “Oleh karenanya peranan dan perkuatan tata nilai budaya dan adat istiadat melayu Jambi secara estafet dari generasi ke generasi kita upayakan dengan segenap daya dan upaya untuk menjadi bagian dan warna dari perilaku keseharian kita,” kata gubernur.

Dikatakan gubernur, pengalaman masa lalu hendaknya bukan hanya menjadi suatu simbol keberadaan suatu lembaga, tapi diharapkan keberadaan lembaga adat ini benar-benar menjadi perekat dalam mewujudkan kesejahteraan, persatuan dan kesatuan antar etnis, antar komunitas dan antar anggota masyarakat Melayu Jambi sendiri tanpa dibatasi oleh latar belakang perbedaan pandangan politis atau keleompok-kelompok lembaga lainnya. “Kita ingin bersamo, “kemenakan berajo ke mamak, mamak berajo ke mufakat, mufakat berajo ke undang-undang, undang-undang berajo ke yang benar, yang benar berdiri sendiri berdasarkan alur patut, dapat mewarnai kehidupan kita keseharian,” ujar gubernur.

Dijelaskan Gubernur Zola, semua sudah sepakan untuk menjadikan Jambi kedepan sebagai negeri yang Tertib, Unggul, Nyaman, Tangguh, Adil dan Sejahtera dalam naungan keridhoan Tuhan Yang Maha Esa. “Demikian pula dengan adat Melayu Jambi mulai dari puncak Indrapuro Tanah Sakti Alam Kerinci menepat ke Sialang Belantak Besi, Pucuk Jambi sampai ke tepian landai tempat ombak nan berdebur sebelah laut Pulau Berhalo Ujung Jabung Negeri Lamo, beragam iko pakainyo. Kesemuanya itu memerlukan penanganan dan perhatian kita untuk ditempatkan dalam resonansi globalisasi,” jelas gubernur.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Zola juga menambahkan bahwa dalam mengisi pembangunan khususnya di Provinsi Jambi yang terus dilakukan selama ini dengan adanya Undang-undang dan hukum yang berlaku di negara ini yang harus dipatuhi dan dijalankan, tetapi masyarakat Jambi juga tidak bisa meninggalkan dengan yang namanya hukum adat.

“Kita tidak bisa tinggalkan adat istiadat yang ada di Jambi ini. Bagaimana kita hormati norma-norma kita sehingga itu dibutuhkan ditengah-tengah masyarakat terutama ditengah-tengah generasi muda kita. Negeri ini tidak bisa berdiri sendiri dan melangkah sampai sejauh ini tanpa memperhatikan dan memegang teguh adat istiadat yang luhur khususnya di tanah Jambi ini. Oleh sebab itu saya sangat menganggap penting keberadaan dari LAM Jambi ini, dan gaya justru yang meminta kepada datuk-datuk dan datin-datin untuk bisa  membantu kami khususnya dalam membangun Provinsi Jambi ini yang kita cintai ini,” pungkas gubernur.

Sementara itu, Ketua LAM Provinsi Jambi terpilih, H. Hasip Kalimuddin Syam mengatakan, dengan dikukuhkannya kepengurusan periode 2016-2021 ini, LAM Provinsi Jambi bertekad dan bekerja keras untuk turut serta membangun Provinsi Jambi melalui Visi dan Misi Jambi TUNTAS, yang merupakan visi dan misi Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi.

Ketua LAM Provinsi Jambi terpilih tersebut juga menambahkan bahwa kedepannya LAM Provinsi Jambi juga akan berupaya bekerja semaksimal mungkin untuk menegakkan dan mensosialisasikan adat Jambi ke tengah masyarakat. “Untuk kepentingan pembangunan khususnya di Jambi ini, kami harapkan bapak Gubernur tidak usah ragu-ragu terhadap pengurus adat ini,” ungkap Hasip Kalimuddin.

LIA/HMS

 

 

Check Also

Polres Kepulauan Seribu Gelar Pisah Sambut Kapolres Baru

JAKARTA, MEDIATRANSPARANCY.COM – Polres Kepulauan Seribu pagi ini sekira jam 08.30 WIB menggelar acara lepas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *