Home NASIONAL 177 WNI Gunakan Paspor Filipina, Kemenag : Calon Haji Patuhi Regulasi Semestinya

177 WNI Gunakan Paspor Filipina, Kemenag : Calon Haji Patuhi Regulasi Semestinya

251
0
Foto : Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Abdul Djamil .

Jeddah, Mediatransparancy.com – 177 WNI yang menggunakan paspor Filipina untuk naik Haji mereka sudah bayar mahal dan kini harus berurusan dengan imigrasi Filipina. Hal seperti ini sepantasnya tidak harus terjadi.

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Abdul Djamil mengatakan, kasus ini bukan dalam ranah Kemenag. Namun dia tetap mengimbau para jemaah Indonesia mematuhi regulasi yang ada.

“Kalau mau haji ikutilah jalur yang semestinya karena terjamin aspek perlindungan, bimbingan, dan pelayanannya. Memang kenyataannya antreannya cukup panjang,” kata Abdul Djamil di Kantor Urusan Haji, Jeddah, dilansir detik.com Sabtu (20/08/2016) kemarin.

Saat ini antrean untuk berhaji memang panjang. Bila Anda mendaftar sekarang, ada waktu tunggunya berkisar di angka belasan sampai puluhan tahun.

Hal ini terjadi karena jumlah pendaftar haji yang terus meningkat, namun kuota dari Arab Saudi dibatasi. Saat ini kuota malah dikurangi 20 persen setiap negara karena ada proyek perluasan Masjidil Haram. Waktu tunggu pun semakin bertambah.

“Kalau mau haji daftar sedini mungkin karena hingga kini kuota dan peminat haji belum berimbang,” tambah Djamil.

“Itu berkaitan kapasitas Tanah Suci karena Arafah Mina terbatas menampung jamaah haji. Masjidil Haram bisa diperluas, tapi Mina tidak bisa,” urai Djamil.

Penulis : Chris Muryat/rel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here