Home DAERAH 2025, Prevalensi HIV/AIDS Jateng Ditarget Nol

2025, Prevalensi HIV/AIDS Jateng Ditarget Nol

301
0
Foto : Wagub buka rapat KPA.

Semarang, Mediatransparancy.com – Semangat Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Provinsi Jawa Tengah untuk memangkas tingginya kasus AIDS di 35 kabupaten/kota tidak pernah kendur. KPA Provinsi Jawa Tengah dan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah bahkan bersepakat untuk menghentikan prevalensi HIV/AIDS pada tahun 2025. Kesepakatan itu ditempuh, mengingat per 31 September lalu Jawa Tengah menduduki posisi lima sebagai provinsi dengan jumlah kasus AIDS terbanyak se-Indonesia.

Sekretaris KPA Provinsi Jawa Tengah Zainal Arifin membeberkan, terdapat 5.042 kasus AIDS per 31 September 2015. Kasus AIDS meningkat menjadi 6.902 per Juni 2016.

“Kami bersepakat dengan dinas kesehatan bahwa tahun 2025 Jawa Tengah ini prevalensi HIV/AIDS akan kita sudahi. Untuk itu, seluruh rumah sakit dan Puskesmas di Jawa Tengah dalam lima tahun ke depan diharapkan sudah bisa melayani untuk pemeriksaan HIV/AIDS. Petugas kesehatan juga harus dilatih,” bebernya saat menghadiri Koordinasi Rutin KPA Provinsi Jawa Tengah.di Ruang Rapat Lantai II Gedung A Kantor Gubernur, Kamis (28/7).

Tak hanya itu, KPA Provinsi Jawa Tengah juga bekerjasama dengan Bappeda Provinsi Jawa Tengah guna memberikan reagen sebagai obat AIDS. Pengadaan reagen akan dianggarkan pada 2017.

“Kami pun menargetkan, pada tahun 2025 seluruh desa/ kelurahan bisa terbentuk warga peduli AIDS. Tugas mereka adalah mendeteksi warga yang dicurigai berisiko HIV/AIDS. Misalnya mereka yang bekerja di salon, sopir bus, atau buruh. Jadi, fungsinya untuk identifikasi,” tambahnya.

Wakil Gubernur Jawa Tengah Drs H Heru Sudjatmoko yang hadir pada acara tersebut berharap, puskesmas di Jawa Tengah dapat menangani penderita HIV lebih dini, sehingga tidak berlanjut menjadi AIDS.

“Saya kira peran Puskesmas menjadi penting. Saya yakin sudah menjadi perhatian dinas kesehatan,” tuturnya yang juga Ketua Pelaksana KPA Jawa Tengah itu.

Penulis : Chris Muryat/rel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here