banner 728x250

KEMENDIKBUD AJAK PIHAK SWASTA TURUT BERPERAN DALAM PROGRAM PPK

judul gambar

JAKARTA, MEDIATRANSPARANCY.COM  – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terus mendorong dan mengajak pelibatan publik untuk mengambil peran dalam Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Salah satu contohnya adalah yang dilakukan oleh PT. Yamaha Musik Indonesia melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) yang dimiliki oleh perusahaan tersebut.

Kemendikbud telah menjalin kerja sama dengan PT. Yamaha Musik Indonesia sejak tanggal 2 Juni 2017 dengan ditanda tanganinya Nota Kesepahaman untuk mendukung PPK di Sekolah Dasar melalui pembelajaran seni dan budaya. Penandatangan tersebut ditandatangani langsung oleh Ditektur Pembinaan SD, Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah, Wowon Wirdayat, dengan Presiden Direktur PT Yamaha Indonesia, Shinichi Takenaga.

judul gambar

“Presiden menyampaikan pesan kepada Mendikbud agar pendidikan karakter harus menjadi perhatian utama di bidang pendidikan khususnya di pendidikan dasar, baik melalui kegiatan intrakulikuler maupun ekstrakulikuler yang dapat mengubah cara pikir anak-anak kita,” kata Direktur Jenderal Dikdasmen, Hamid Muhammad dalam acara pemberian secara simbolik alat-alat musik kebeberapa SD, di kantor Kemendikbud, Jakarta, Kamis (14/9/2017).

Pada kesempatan ini Direktur SD mengatakan, kerjasama yang dilakukan Kemendikbud dengan PT. Yamaha Musik Indonesia ini merupakan salah satu bentuk implementasi penguatan pendidikan karakter(PPK) yang melibatkan dunia usaha dari musik melalui corporate social responsibility.

“Dengan adanga kegiatan ini diharapkan akan lebih banyak dunia industri yang berpartisipasi dalam mendukung peningkatan kualitas pelayanan pendidikan Indonesia, khususnya dalam Program Penguatan Pendidikan Katakter,” jelasnya.

Selain itu juga, kata Direktur SMP, melalui program penguatan pendidikan karakter diharapkan peserta didik dapat memliki nilai-nilai karakter yaitu kritis, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas sesuai dengan norma-norma dan budaya Indonesia, serta memiliki kompetensi akademik yang utuh.

Dukungan terhadap Program Penguatan Pendidikan Katakter pun disampaikan oleh Presiden Direktur PT. Yamaha Musik Indonesia. “Untuk mewujudkannya pondasi penting yang harus dibangun dalam menciptakan inspirasi budaya, salah satunya pendidikan pembangunan karakter. Oleh sebab itu kami merasa sangat terhormat mendapat kesempatan berkontribusi dalam pengembangan sistem pendidikan di Indonesia dalam kerangka Penguatan karakter untuk generasi muda Indonesia.

Melalui donasi ini kami berharap Kemendikbud dapat membentuk sekolah model sehingga mereka bisa menjadi referensi bagi sekolah lainnya dalam menerapkan Penguatan Pendidikan Karakter melalui pendidikan seni dan budaya.” Ungkap Presiden direktur PT. Yamaha Musik Indonesia, Shinichi Takenaga.

Tahun ini PT. Yamaha Musik Indonesia memberikan donasi 4.431 unit keyboard, 490 pianika dan 490 buah recorder/suling untuk sekolah dasar di seluruh Indonesia. (Ebenezer Sihotang)

judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published.