banner 728x250

412 ATLET IKUTI KEJURNAS ATLETIK PIALA PANGLIMA TNI 2017

Kasum TNI membuka Kejurnas atletik. foto/Puspen TNI.
judul gambar

SURABAYA, MEDIATRANSPARANCY.COM – Kejuaraan Nasional Atletik Piala Panglima TNI Terbuka yang diikuti 412 atlet dari 53 kontingen, merupakan kerja sama TNI dan Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) dalam mengangkat cabang olahraga atletik menjadi salah satu unggulan olahraga prestasi, baik di Sea Games, Asian Games, maupun Olympic Games.

Hal tersebut disampaikan Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Laksamana Madya TNI Didit Herdiawan, M.P.A., M.B.A mewakili Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo saat membuka Kejuaraan Nasional (Kejurnas) tletik Piala Panglima TNI Terbuka ke-5 Tahun 2017, di Lapangan Thor Gelora Pancasila, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (1/11/2017).

judul gambar

Dalam amanat tertulisnya, Panglima TNI juga mengatakan, bahwa dalam memahami Undang-Undang RI No. 3 tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional, terdapat tiga substansi pokok pada aspek pembinaan yang mampu menjadikan Bangsa Indonesia kuat, sehat dan bermartabat, yaitu pembinaan olahraga prestasi, pembinaan olahraga pendidikan dan pembinaan olahraga rekreasi.  “Tiga substansi pokok tersebut memiliki dimensi diplomatis, ekonomi dan dimensi sosial, termasuk didalamnya dimensi bela negara,” ungkapnya.

Menurut Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, olahraga adalah sebagai identitas atau jati diri sebuah bangsa bahkan lebih dari itu, ketangguhan fisik, solidaritas, sportivitas, mental, daya pikir, hingga spirit nasionalisme adalah elemen penting yang dapat dibanggakan bagi suatu bangsa untuk tegak berdiri bila disandingkan dengan bangsa lain.

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo berharap agar para atlet dan official harus dapat menampilkan prestasi terbaiknya dengan melahirkan atlet-atlet muda berprestasi. “Jadikan atletik bagian dari kehidupan untuk emas, karena dihadapan para atlet dan official sekalian telah menanti PON ke-20 dan Asian Games Tahun 2018,” ujarnya.

“Tanamkan dalam jiwa kalian sebagai anak muda bangsa bahwa tidak ada yang tidak bisa, yang ada mau atau tidak berbuat yang terbaik untuk berprestasi di dunia atletik,” tutup Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.

Kejuaraan Nasional Atletik Piala Panglima TNI Terbuka ke-5 tahun 2017 yang berlangsung tanggal 1 s.d 3 Nopember 2017, diikuti oleh 53 Kontingen dan 412 atlet terdiri dari TNI AD 8 Kontingen (127 atlet), TNI AL 2 Kontingen (9 atlet), TNI AU 1 Kontingen (4 atlet), Gabungan Pengprov 5 Kontingen (45 atlet), Gabungan Pengcab 18 Kontingen (95 atlet), Gabungan 18 Klub Kontingen (118 atlet) dan PPLP 1 Kontingen (14 atlet).

Adapun  nomor yang diperlombakan pada Kejurnas tersebut sebanyak 32 nomor, terdiri dari 100 M putra dan putri, 200 M putra dan putri, 400 M putra dan putri, 800 M putra dan putri, 1.500 M putra dan putri, 5.000 M putra dan putri, 1.0000 M putra dan putri, 4 x 100 M putra dan putri, 4 x 400 M putra dan putri, Lompat Jauh putra dan putri, Lompat Jangkit putra dan putri, Lempar Lembing putra dan putri, Tolak Peluru putra dan putri, 3.000 M Steeplechase putra dan putri, 110 M Gawang putra, 100 M Gawang putri, dan 400 M Gawang putra dan putri. (ES265)

 

judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published.