Home BERITA TERBARU KEMENKO PMK SIKAPI TEMUAN EKSPEDISI NKRI, BERIKUT TINDAK LANJUTNYA

KEMENKO PMK SIKAPI TEMUAN EKSPEDISI NKRI, BERIKUT TINDAK LANJUTNYA

322
0

JAKARTA, MEDIATRANSPARANCY.COM – Deputi Bidang Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Masmun Yan Manggesa mengatakan, hasil dari Ekspedisi NKRI ditujukan untuk masalah pembangunan di beberapa daerah pinggiran.

Sebelumnya, Ekspedisi NKRI Koridor Papua Bagian Selatan telah selesai dilaksanakan pada 28 Oktober 2017 di Papua. Dari rangkaian ekspedisi yang dilakukan telah menjangkau dan menyapa masyarakat yang berada di Kabupaten Merauke, Mappi, Boven Digul, dan Asmat. Juga masyarakat di Kabupaten Muna, Kota Tual, Kabupaten Maluku Tenggara, dan Kepulauan Aru.

Yan mengaku banyak hal yang ditemui pasca Ekspedisi NKRI Koridor Papua bagian Selatan tahun 2017, seperti halnya soal transportasi yang nampaknya menjadi masalah mutlak di beberapa daerah pinggiran. Selain itu, tambah Yan, infrastruktur, listrik, air bersih, jaringan komunikasi, dan kebutuhan umum perlu juga diperbaiki dan ditingkatkan.

“Ekspedisi ini harus benar-benar memberikan manfaat baik dari segi infrastruktur, energi, pangan, dan lingkungan,” kata Yan.

Disisi lain, Kol Inf Dwi Anggono, Koordinator Ekspedisi NKRI Tahun 2017 mengatakan, bahwa ada beberapa hasil temuan pada masing-masing sub korwil Ekspedisi NKRI, yaitu bidang flora fauna, bidang sosial budaya; bidang potensi bencana, bidang media dan data, bidang geologi, bidang kehutanan, dan Bidang pengabdian masyarakat.

“Saya berharap, temuan ini dapat ditindaklanjuti oleh pemerintah agar selanjutnya dapat disosialisasikan kepada masyarakat luas,” terang Kol Inf Dwi Anggono.
Lebih lanjut, Yan juga menyampaikan harapan besarnya untuk pelaksanaan Ekspedisi kedepannya bisa lebih diprioritaskan pada daerah yang membutuhkan kehadiran TNI dan Pemerintah. Hal ini menurut Yan agar lebih terencana, khususnya dalam kegiatan studi tentang lokasi pra-ekspedisi, dan untuk koordinasi monitoring juga memerlukan bantuan media komunikasi.

“Tidak lupa kita juga sangat membutuhkan koordinasi yang baik dengan instansi terkait. Jadi, sekali lagi perlu sekali gotong-royong dalam ekspedisi NKRI kedepan,” ujar Yan.

Kemenko PMK dalam hal ini telah melakukan koordinasi serta sosialisasi terkait hasil temuan Ekspedisi NKRI Koridor Papua bagian Selatan tahun 2017 dengan Pemda di wilayah Papua Bagian Selatan, TNI, Kementerian Pertahanan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, dan Kementerian terkait lainnya. (ES265)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here