Home BERITA TERBARU SMAN 84, JAKARTA BARAT GELAR EDUCATION FAIR (EDUFAIR)

SMAN 84, JAKARTA BARAT GELAR EDUCATION FAIR (EDUFAIR)

1161
0
Koorwas Sudindik Wil I, Jakbar foto bersama Kepsek, para guru, dan siswa/siswi. FOTO/ebenezer.

JAKARTA, MEDIATRANSPARANCY.COM – SMA Negeri 84, Kalideres, Jakarta Barat dibawah Suku Dinas Pendidikan Wilayah I, Pemkot Adm Jakarta Barat menyelenggarakan kegiatan Education Fair (Edufair)atau pameran pendidikan selama dua hari yakni tanggal 10 – 11 Januari 2018 dengan mengundang sebanyak 27 perguruan tinggi negeri/swasta dan pembukaan oleh Koordinator Pengawas (Koorrwas) Sudindik Wilayah I Pemkot Jakbar, Dr Suharto mewakili Kasudindik Wilayah I Pemkot Jakbar, Tadjudin di halaman sekolah Rabu (10/1/2018).

Dalam sambutannya, Kepala Sekolah SMAN 84, Jakbar, Drs Surana mengatakan, bahwa  Education Fair merupakan program rutin yang diselenggarakan oleh SMAN 84 sebagai bentuk program layanan bagi siswa dan orang tua dalam memberikan informasi tentang seluk beluk dunia Perguruan Tinggi.

“Keputusan tentang dunia karir bagi anak didik adalah merupakan tanggung jawab bersama/terpadu antara sekolah, siswa, dan orang tua peserta didik. Kami merasa penting bagi tiap institusi Perguruan Tinggi untuk bergabung dalam acara ini baik sebagai partnership, maupun nara sumber,” kata Surana kepada media ini usai acara pembukaan yang dilaksanakan di Aula SMAN 84, Jakbar, Rabu (10/1/2018).

Adapun tujuan Edufair dijelaskan Surana, adalah bahwa kehadiran perguruan tinggi dapat memberikan konstribusi berupa informasi yang obyektif tentang seluk-beluk dan profil dunia Perguruan Tinggi, serta menumbuhkan kerja sama yang baik dan simultan antara jenjang SMA dengan lembaga Perguruan Tinggi sebagai institusi pendidikan yang saling membutuhkan.

“Education Fair merupakan media pembelajaran sekaligus terapi sosial bagi siswa khususnya yang terlibat dalam kepanitiaan,” kata Surana seraya menambahkan, kiranya kerjasama ini dapat berlangsung dengan baik dan untuk Edufair ini difokuskan kepada peserta didik Kelas XII dan untuk Kelas X dan Kelas XI menambah wawasan persiapan melanjutkan pendidikan dimasa yang akan datang.

Sementara itu, dalam sambutan pembukaan Edufair, Koorwas, Dr. Suharto mewakili Kasudindik Wilayah I Jakbar, Tajudin mengatakan, apa yang telah direncanakan dan diprogramkan dapat terlaksana dengan baik dan tetap memerhatikan mutu akademik untuk semakin baik dan motivasi setiap para pendidik bagaimana agar mutu pendidikan semakin meningkat.

“Jadi yang paling penting, khususnya untuk Kelas XII tingkat kelulusan dengan nilai tinggi sehingga dapat melanjut ke jenjang pendidikan lebih tinggi. Dan untuk Kelas X akan termotivasi sejak masuk contoh, ada siswa yang memiliki nilai tinggi. Ini perlu dimanage oleh guru dengan meningkatkan motivasi belajar yang bisa kerjasama faktor internal dan external. Insya Allah akan berhasil,” kata Suharto.

Menurut Suharto, kalau terprogram dengan efektif dan terlaksana, maka ada strategi bersama guru Bimbingan Konseling (BK) yakni sejak masuk Kelas X sudah didata anak-anak yang memiliki kecerdasan dan kepintaran yang tinggi dan didampingi belajar secara terus menerus, maka, sangat membantu untuk masuk PTN  bahkan diterima melalui jalur undangan.

“Anak-anak yang mendapat pembinaan oleh BK tentu, mereka akan membantu teman-teman baik yang ada di kelas ataupun dilingkungannya untuk lebih giat berlajar,” katanya. (Benz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here