Home NASIONAL 35 CCTV Terkoneksi ke Command Center Dinas Kebersihan

35 CCTV Terkoneksi ke Command Center Dinas Kebersihan

392
0
Foto : iLustrasi Command Center CCTV

Jakarta, Mediatransparancy.com – Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta, Isnawa Adji mengatakan, layar monitor di pusat kontrol ini terkoneksi dengan 35 CCTV yang tersebar di lima wilayah Ibukota. CCTV tersebut milik Dinas Tata Air serta Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI.

“Kami sendiri baru memiliki tiga CCTV yang dipasang di TPS Kolong Flyover Kampung Melayu, TPS Klender dan Kelapa Gading. Namun ada 35 CCTV lain yang sudah koneksi ke sini,” kata Isnawa.

Isnawa menambahkan, pusat kontrol ini juga memantau pergerakan truk sampah yang sudah dilengkapi alat global positioning system (GPS). Selain juga memantau keluar masuk truk sampah dan volume sampah yang terbuang di TPS Bantar Gebang, Bekasi, Jawa Barat. Jika ada tumpukan sampah maka petugas di sini langsung menghubungi petugas terdekat agar cepat ditangani.

Ke depan akan ada 6.000 CCTV yang terkoneksi dengan Dinas Kebersihan DKI. Saat ini pihaknya sedang melakukan koordinasi dengan Dinas Komunikasi Informatika dan Kehumasan DKI agar koneksi itu segera terwujud.

Setiap hari ada 12 petugas yang berjaga di pusat kontrol. Mereka bekerja selama 24 jam yang terbagi dalam tiga shift. Ruang Command Center dibangun tahun 2015 namun efektif dioperasikan mulai Januari 2016 lalu.

Penulis : Yudi P

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here