Home Artikel EKONOMI DIGITAL,  SALAH SATU PENGGERAK PEMERATAAN PEMBANGUNAN.

EKONOMI DIGITAL,  SALAH SATU PENGGERAK PEMERATAAN PEMBANGUNAN.

164
0

Oleh: Hotben Sinaga.

Praktisi Teknologi Informasi, Politisi Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

“Teknologi digital yang dapat diakses secara luas tanpa memakan waktu lama dan hampir “tanpa batas” dapat dimanfaatkan untuk menggerakkan perekonomian dari kota sampai desa.”

Perkembangan teknologi yang pesat pada dekade terakhir ini membawa perubahan gaya hidup hampir seluruh sektor kehidupan.

Teknologi mengubah cara berbisnis, teknologi mengubah cara belajar, teknologi “memaksa” para pebisnis untuk lebih cepat melahirkan ide baru, teknologi juga mengubah cara kampanye para politikus, dan sebagainya.

Melihat pada terciptanya dunia digital yang berkembang dari hari ke hari, kita sebagai bagian dari dunia digital harus mampu mengarahkan dunia digital untuk menciptakan pemanfaatan yang memberikan hasil yang positif.

Pemerintah ataupun regulator perlu mengambil kebijakan yang mendukung terciptanya “platform digital” yang dapat menggerakkan ekonomi digital bahkan sampai pada pelosok negeri.

Teknologi digital yang dapat diakses secara luas tanpa memakan waktu lama dan hampir “tanpa batas” dapat dimanfaatkan untuk menggerakkan perekonomian dari kota sampai desa. Kita dapat melihat bahwa berbagai platform aplikasi yang membantu masyarakat dalam berpergian.

Kita dapat dengan mudah untuk dihubungkan dengan pemberi jasa, hanya dengan menggunakan handphone. Kita dapat dengan mudah belanja di situs-situs pembelanjaan dengan mudah dan dikirim dalam waktu singkat, semua ini tentunya akibat dari penggunaan positif pemanfaatan teknologi digital.

Begitu pula sebaliknya, karena akses digital yang hampir tanpa batas, edukasi penggunaan produk digital harus digencarkan ke arah positif.

Masyarakat harus paham bahwa segala bentuk informasi harus diverifikasi dengan benar agar tidak menciptakan kebohongan yang dapat mengganggu stabilitas.

Kita harus menghindari hoax, kita harus memposting konten yang bersifat membangun sesama kita, karena semakin maju individu bangsa ini tentu akan membawa dampak positif pada kehidupan kita juga.

Kita harus mampu menghindari ajakan membenci, menghujat, membully terhadap sesama, kita diajarkan untuk saling menghormati satu sama lainnya.

Beberapa case yang dapat diterapkan/ditingkatkan dengan pemanfaatan teknologi digital:

E-KTP untuk pemilihan umum, tidak perlu menghabiskan biaya untuk formulir Pemakaian teknologi untuk penilangan dalam lalu lintas
Produk-produk masyarakat desa untuk dihubungkan pada global dengan menggunakan aplikasi ataupun ecommerce
Pemanfaatan IOT untuk pertanian, menerapkan analisis untuk menghasilkan tanaman yang cocok sesuai dengan kondisi lahan dan musim.

Hal ini dapat meningkatkan produksi pangan Edukasi sampai ke pelosok, untuk itu jaringan infrastruktur yang mendukung digital harus gencar dibangun oleh pemerintah. Negara-negara maju dan yang sedang mengarahkan diri untuk menjadi maju dapat memanfaatkan teknologi dengan baik dan terarah.

Bangsa kita, jika ingin sejajar dengan bangsa maju lainnya, marilah kita memanfaatkan teknologi untuk kepentingan bangsa. Negara lain sedang menciptakan teknologi-teknologi baru, kita juga pasti bisa.

Jangan mudah terprovokasi, jangan mudah menghujat, jangan menyebar kebencian.

Marilah kita bersama menciptakan Ekonomi Digital Kerakyatan, yaitu penggunaan digital yang hasil positifnya akan dirasakan mulai dari masyarakat kota sampai masyarakat desa sehingga pemerataan hidup akan tercipta.

Salam Digital

alterntif text

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here