Home DAERAH 50.000 Lampu PJU di Jakarta Barat Akan Diganti Dengan Lampu LED

50.000 Lampu PJU di Jakarta Barat Akan Diganti Dengan Lampu LED

325
0
Foto : iLustrasi

Jakarta, Mediatransparancy.com – Sebanyak 50.000 lebih lampu penerangan jalan umum (PJU) yang tersebar di delapan kecamatan se-Jakarta Barat akan diganti menggunakan smart light emitting diode (LED) pada tahun 2017 mendatang.

“Pergantian puluhan ribu lampu PJU ini sudah masuk dalam program rencana pembangunan tahun 2017,” kata Saukani Anto, Kepala Suku Dinas Perindustrian dan Energi Jakarta Barat, dikutip dari Beritajakarta.com, Kamis (26/5).

Ia mengatakan, pergantian lampu PJU yang konvensional menjadi LED merupakan program yang telah dicanangkan oleh Pemprov DKI Jakarta. Khusus di Jakarta Barat, pergantian seluruh lampu PJU baru dapat direalisasikan pada tahun depan.

Namun, jika masyarakat melaporkan adanya lampu PJU padam, pihaknya tetap memperbaiki atau mengganti lampu. “Perbaikan lampu pada saat ini bersifat sementara, karena tahun depan dipastikan seluruh lampu PJU konvensional di Jakarta Barat akan diganti menjadi LED,” ujarnya.

Selama lima tahun sejak pemasangan LED, pihaknya tidak lagi mengeluarkan anggaran pemeliharan karena adanya jaminan dari distributor lampu.
“Keuntungan lainnya, walaupun daya lampu LED hanya 40 watt, namun pencahayaan yang dikeluarkan lebih terang dibandingkan lampu konvensional ukuran 70 watt,” ungkapnya.

Ia menambahkan, selain penggantian puluhan ribu lampu PJU di Jakarta Barat, juga akan dibangun ruang kontrol smart system yang berada di kantor Sudin maupun Dinas Perindustrian dan Energi DKI Jakarta.

“Ruang kontrol sangat membantu untuk mengetahui terjadinya pemadaman maupun kerusakan, sehingga petugas langsung dapat melakukan perbaikan,” tandasnya.

Penulis : Chris Muryat/Rel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here