banner 728x250

Pusuk Buhit, Titik Nol Peradaban Orang Batak

  • Share

SAMOSIR, MEDIATRANSPARANCY.COM – Dalam rangka mewujudkan daerah tersebut menjadi Wisata Budaya Internasional yang melestarikan Adat istiadatnya dan serta diyakini daerah ini juga sebagai peradaban Bangsa Batak pertama atau dari 0 KM (Titik Nol KM) lingkaran Gunung Pusuk Buhit sebagai peradapan Orang Batak Pertama. Maka perlu dilakukan Pos pos Polisi Pariwisata tempat persinggahan diseputaran Pusuk Buhit, dengan penjagaan ini Titik Nol dapat merangsang dalam melestarikan budaya hingga histori sejarah dan menjaga kearifan lokal bangso batak membuat pengunjung merasa aman dan nyaman.

Hal ini dikatakan Incha Panjaitan saat silaturahim dengan Kapolres Samosir dan jajarannya pada, Selasa (22/12/2020) yang dihadiri Awak media ini di Rumah Hela kelurahan Siogung-Ogung Kecamatan Pangururan Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

judul gambar
Incha Panjaitan salah seorang pengurus obyek wisata Gunung Pusuk Buhit saat silaturahim dengan Kapolres Samosir dan jajarannya yang juga dihadiri Awak mediatransparancy.com bertempat di Rumah Hela kelurahan Siogung-Ogung Kecamatan Pangururan Kabupaten Samosir, Sumatera Utara pada, Selasa (22/12).dok-istimewa

Lebih lanjut Incha Panjaitan menuturkan bahwa Komunitas Rumah Hela, bergerak dlam melestarikan Budaya yang langsung bergerak dari titik nol peradaban Siraja Batak, “Sehingga nantinya komunitas ini dapat melestarikan budaya dan lingkungan sekitarnya terlebih situs-situs peradaban nenek moyang kami,” tutur Incha Panjaitan.

“Disini dalam melestarikan budaya kita perlu berkoordinasi dengan beberapa aspek dari tatanan lain, seperti dari Pihak Kepolisian Sebagai Pengaman bisa menghidupkan kembali swadaya dari masyarakat adat seperti ulu balang yang dibina kepolisian,sama artinya sistim keamanan dari lembaga adat dibali adalah”Pecalang”, ujar Incha lagi.

Sementara itu Kapolres Samosir AKBP M Saleh, SIK sangat apresisasi masukan dari DPR RI dari Komisi III tersebut, dalam mendukung Budaya Batak serta melestarikannya,apalagi terkait pengamanan yang sudah menjadi tanggung jawab kepolisian sebagai garda terdepan.

“Jadi Saya akan mendukung penuh kerangka pengamanan yang mengakomodir polisi Pariwisata dan budaya lokal,” sahut M. Saleh selaku Kapolres Samosir.(*)

Penulis : HSTG
judul gambar
  • Share
judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *