Home NASIONAL AADB=”Ada Apa Dengan Batang” ?

AADB=”Ada Apa Dengan Batang” ?

284
0

Jakarta, Mediatransparancy.com – “Ada Apa Dengan Batang?” judul tersebut mengundang tawa 40-50 orang peserta Focus Group Discussion (FGD) bertajuk “Deregulasi Peraturan Daerah (Perda) Bermasalah dalam rangka Percepatan Pembangunan Ekonomi Daerah” di Gedung III, Kementerian Sekretariat Negara (10/05).

Persentasi yang unik tersebut disajikan oleh Bupati Batang, Yoyok Riyo Sudibyo. Tak hanya judulnya, tampilannya pun dibuat menyerupai poster film yang sedang populer diputar di banyak bioskop di Indonesia yaitu “Ada Apa Dengan Cinta?”.

Tidak seperti daerah lain, Yoyok menilai daerahnya justru irit dalam membuat Perda. Dirinya menjelaskan, bahwa selama kurun waktu 2012-2016 terdapat 41 Perda yang telah diterbitkan oleh Kabupaten Batang. “Target Perda itu gak masuk akal menurut saya. 2016 ini Batang baru 1” tegas Yoyok.

Yoyok memaparkan, bahwa permasalahan dalam penyusunan Perda muncul karena mekanisme masalah prosedural dan substansi. Untuk itu, bagi Yoyok penting untuk selalu melakukan sinkronisasi serta menyusun Standar Operasional Prosedur (SOP) guna mencegah terbitnya Perda bermasalah.

Selain itu dalam pembentukan Perda, Pemda Batang juga melakukan tes akademik, ”Kalau buat Perda itu bukan hanya sudah di tes secara akademis. Jangankan saja Perda, proyek saja saya minta untuk dites secara akademis. Makanya saya bekerjasama dengan Unes,” Ungkap Yoyok. “Sebenernya gak papa menghabiskan biaya banyak, gak papa asal menguntungkan rakyat juga,” tambahnya.

Penulis : Chris Muryat/Rel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here