Home NASIONAL AAMI dan PBHI Melaporkan Majelelis Hakim Sidang Jessica Ke KY

AAMI dan PBHI Melaporkan Majelelis Hakim Sidang Jessica Ke KY

362
0
Foto : Hakim di Persidangan Jessica.

Jakarta, Mediatransparancy.com – Komisi Yudisial (KY) di datangi sejumlah pengacara muda yang tergabung dalam Aliansi Advokat Muda Indonesia (AAMI) dan Persatuan Bantuan Hukum Indonesia (PBHI) Jakarta, untuk melaporkan proses persidangan kasus Jessica. Pengacara muda melaporkan majelis hakim Jessica karena dianggap melanggar kode etik dan impresial dalam proses persidangan.

“Seorang hakim ketua majelis persidangan itu dapat memimpin persidangan termaksud lah pula para anggotanya, sehingga pengadilan itu bisa berjalan berwibawa dan sakral,” kata anggota PBHI Jakarta, Simon Fernando Tambunan usai melaporkan ke Gedung KY, Jalan Kramat Raya, Jakarta, Senin (19/9/2016).

Sejumlah pengacara itu tergabung dalam Aliansi Advokat Muda Indonesia (AAMI) dan Persatuan Bantuan Hukum Indonesia (PBHI) Jakarta. Mereka melaporkan majelis sebagai bagian dari penegak hukum yang melihat proses peradilan.

“Tapi kita bisa lihat bersama persidangan itu rusuh dan gaduh. Itu kesalahan paling mendasar telah dilakukan,” kata Simon.

Ketiga majelis Kisworo, Partahi dan Binsar Gultom. Pelapor menilai ketiganya melanggar pasal 5 ayat 2 tentang pedoman dan perilaku hakim (PPH) yaitu hakim harus menjunjung tinggi asas praduga tak bersalah.

“Contoh bahwa persidangan hakim bertanya kepada saksi, apakah Anda punya target, target Anda yang mau dihabisi di tempat itu. Itu pelanggarannya,” ujar perwakilan Aliansi Advokat Muda Indonesia, Rizki Sianipar di tempat yang sama.

Sebelumnya tim pengacara Jessica juga telah melaporkan majelis ke KY. Laporan itu terkait sikap majelis yang dinilai tidak adil dan memihak dalam persidangan.

Penulis : Chris Muryat/rel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here