Home DAERAH AMS Diminta Hadir di Seluruh Pelosok Nusantara

AMS Diminta Hadir di Seluruh Pelosok Nusantara

278
0
Foto : Gubernur Jabar, Aher kunjungan ke Sekretariat AMS Provinsi Bali di Jl. Kapten Cok Agung Tresna No. 49, Renon, Denpasar, Provinsi Bali pada Minggu (24/7/16),.

Denpasar, Mediatransparancy.com – Sebagai salah satu organisasi kepemudaan asal tanah Pasundan, Angkatan Muda Siliwangi atau AMS diminta untuk bisa bersatu dan mempersatukan kaum muda Sunda dari seluruh Indonesia. Untuk itu, dalam kunjungannya ke Sekretariat AMS Provinsi Bali di Jl. Kapten Cok Agung Tresna No. 49, Renon, Denpasar, Provinsi Bali pada Minggu (24/7/16), Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan berpesan agar organisasi kepemudaan ini bisa hadir di seluruh wilayah Indonesia agar bisa mengakomodasi warga Sunda yang ada di perantauan.

“Dengan hadirnya organisasi Angkatan Muda Siliwangi, tentu ini semakin mengokohkan orang-orang Sunda nu aya di pangumbaraan (yang ada di perantauan), khususnya yang ada di Provinsi Bali,” ungkap Aher di depan puluhan anggota AMS Bali yang hadir.

“Oleh karena itu pesan saya untuk kaum muda, untuk AMS. Yang pertama, harus guyub (bersatu), dan yang kedua harus bisa ngaguyubkeun (mempersatukan), sehingga potensi kita dimana-mana bisa disatukan,” pinta Aher.

AMS Provinsi Bali berdiri sejak 20 Mei 2015 lalu. Saat ini, AMS Bali sudah memiliki anggota sekitar 800-an orang yang tersebar di 4 distrik atau kabupaten/kota se-Bali. Mereka aktif dengan berbagai kegiatan sosial, khususnya untuk masyarakat Sunda yang ada di Bali atau masyarakat Bali asal Sunda.

Ketua AMS Provinsi Bali H. Aap mengatakan, AMS Bali aktif dalam kegiatan sosial dan seni budaya serta telah memiliki Ambulance sendiri hasil dari sumbangan anggota yang bisa dipakai untuk menolong warga Bali atau warga Sunda di Bali.

“Kita juga sudah membuat produk gamelan sendiri, Pak. Kita buat dari besi bekas. Lalu, kita juga sudah mendirikan Mushola kampung Bandung tiga lantai. Dan untuk operasional kegiatan sekretariat kita juga punya usaha sendiri, Pak. Jadi setiap malam kita jualan Surabi Bandung di depan (kantor sekretariat),” kata Aap kepada Gubernur Aher.

Dengan berbagai kegiatan dan sumbangsih positif seperti ini, AMS pun diharapkan bisa menjadi pelopor untuk mempersatukan masyarakat Sunda yang ada di seluruh nusantara.

“Saya mendorong agar dimana-mana ada AMS, dengan adanya pemuda diharapkan bisa menjadi pemersatu kita. Jadi, saya dukung kalau AMS ada di berbagai tempat,” pungkas Aher.

Pada kesempatan ini, Aher pun memberikan bantuan operasional untuk Sekretariat AMS Bali sebesar Rp 10 juta.

Penulis : Chris Muryat/rel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here