banner 728x250

Antisipasi Lonjakan Pasien Covid, Rumah Sakit Ciremai Siapkan Ruang Maternal

  • Share

KOTA CIREBON, MEDIA TRANSPARANCY – Peningkatan kasus terkonfirmasi Covid-19 di Kota Cirebon membuat beberapa Rumah Sakit yang berada di Kota Cirebon mengencangkan ikat pinggang, penambahan kapasitas tempat perawatanpun dianggap sebagai langkah strategis di tengah meningkatnya kurva pasien Covid-19.

Sebagai salah satu Rumah Sakit rujukan sesuai SK Gubernur Jawa Barat dan dalam rangka mengantisipasi lonjakan pasien, Rumah Sakit Ciremai (RSC) Kota Cirebon kini tengah mempersiapkan penambahan kapasitas tempat tidur. Hal tersebut disampaikan Kepala RSC, Letkol. CKM. dr. Andre Nofan, Jumat (4/12/2020).

judul gambar

“Penambahan ruang perawatan dengan 17 tempat tidur untuk tempat isolasi Covid Maternal tersebut berdasarkan hasil rapat kami dengan pihak Pemkot Cirebon,” kata Andre.

Lebih lanjut dikatakan, tempat isolasi tersebut penting karena perempuan hamil atau pasca melahirkan dan bayi yang baru lahir beresiko terpapar Covid-19.

“Sehingga diperlukan penanganan khusus dan kami sedang siapkan itu, dalam 2 pekan kedepan sudah bisa digunakan,” ujarnya.

Hingga kini, dari 210 tempat tidur sebanyak 71 diperuntukan bagi penanganan Covid, yaitu untuk pasien sebanyak 68 dan 3 tempat tidur ICU Covid.

“Ditambah 17 kamar, total ke depan nanti kami punya 88 tempat tidur,” ucapnya.

Ketika disinggung jumlah pasien, Andre menyebutkan hingga pagi tadi pihaknya merawat 62 pasien Covid. Jumlah tersebut menurutnya gabungan dari pasien terkonfirmasi 50 pasien dan 10 pasien diketahui menunggu hasil tes swab.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Cirebon, dr. Edy Sugiarto dalam keterangannya menyebutkan penambahan kapasitas tempat tidur di beberapa Rumah Sakit termasuk salah satunya di RSC dilakukan dalam rangka mengantisipasi angka peningkatan signifikan pasien Covid-19 di Kota Cirebon.

“Jadi bagi pasien yang tidak terakomodir di Rumah Sakit dilakukan isolasi mandiri saja tapi dengan pengawasan ketat Puskesmas,” kata Edi.

Penulis: Acep
judul gambar
  • Share
judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *