Home PENDIDIKAN Apakah sosok Usman dan Harun masuk dalam buku sejarah Indonesia

Apakah sosok Usman dan Harun masuk dalam buku sejarah Indonesia

271
0
usman-dan-harun-

Jakarta Transparancy.com

usman-dan-harun-
usman-dan-harun-
Serda Usman dan Kopral Harun menjadi pahlawan nasional dan kini menjadi polemik Singapura dan Indonesia karena rencana penamaan KRI Usman Harun. Akankah materi mengenai Usman-Harun masuk dalam pelajaran sejarah di sekolah?

“Jadi, sejarah siapapun itu tentu akan diajarkan sesuai porsi jenjang sejarahnya. Kalaupun tidak ditulis dalam buku, tapi guru tetap harus memberikan dari sumber pelajaran yang lain, tentu guru-guru akan menyampaikan, siapa Usman Harun itu. Sumber pembelajaran itu tidak satu-satunya ada di buku, tapi di berbagai sumber,” kata Mendikbud M Nuh saat ditanya apakah materi Usman-Harun masuk dalam buku pendidikan sejarah di sekolah.

Hal itu disampaikan Mendikbud M Nuh dalam jumpa pers tentang buku kurikulum 2013 untuk tahun ajaran 2014 di kantornya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Kamis (13/2/2014).

Nuh menambahkan para guru dan siswa hendaknya tidak belajar tentang pahlawan hanya sebatas yang ada di buku-buku pelajaran sekolah. Karena sumber pelajaran di masa kini, bukan hanya melalui buku.

“Kita tidak boleh terbatas hanya pada nama-nama pahlawan di buku. Seperti saat ini, ada buku mengenai pahlawan yang dipegang murid dan guru. Nah, di dalam buku pegangan murid, nanti ada definisi mengenai pahlawan, di buku pegangan guru, nanti akan ada definisi mengenai pahlawan lebih rinci,” tutur dia.

Namun sebagai guru, tidak boleh terpaku dengan apa yang ada di buku. “Karena sumber pengetahuan ada di mana saja, bisa di google, jadi guru tetap boleh mengajarkan sejarah kepada murid, walaupun tidak ada di dalam buku namun bisa diajarkan dari sumber mana saja,” tutur mantan rektor Institut Sepuluh Nopember Surabaya (ITS).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here