Home Berita Terbaru Aster Kasad : TNI AD Harus Senantiasa Menjadi Contoh Dan Tauladan

Aster Kasad : TNI AD Harus Senantiasa Menjadi Contoh Dan Tauladan

147
0

Jakarta,  Mediatransparancy. com – Netralitas Tentara Nasional Indonesia (TNI) adalah salah satu wujud komitmen kenegaraan yang harus dapat diimplementasikan dalam rangka menjamin tegaknya demokrasi.

Netralitas TNI merupakan tuntutan dan pertaruhan TNI. Untuk itu TNI AD akan bersikap netral dalam kehidupan politik dan tidak melibatkan diri dalam kegiatan politik praktis. Oleh Sebab itu prajurit TNI AD harus senantiasa menjadi contoh dan tauladan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Hal tersebut ditegaskan Aster Kasad Mayjen TNI Supartodi pada acara silaturami dengan Keluarga Besar TNI (KBT) yang dilaksanakan di Gedung Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat, Kamis (11/10/2018).

Keluarga Besar TNI (KBT) terdiri dari Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan Indonesia (FKPPI) dan Himpunan Putra Putri Keluarga Angkatan Darat (Hipakad).

Dalam sambutan tertulisnya,  Aster Kasad menyampaikan, bahwa TNI AD sudah sepatutnya memberikan bimbingan dan motivasi guna dapat dijadikan bekal oleh Keluarga Besar TNI dalam rangka mendukung kemajuan bangsa dan negara.

Tujuan kegiatan ini adalah guna terwujudnya rasa cinta tanah air, meningkatnya wawasan kebangsaan dan tumbuhnya kesadaran bela negara yang kuat bagi Keluarga Besar TNI khususnya FKPPI dan HIPAKAD dengan melaksanakan Pancasila dan UUD 1945 secara murni dan konsekuen guna menjaga keutuhan NKRI.

Terkait dengan suhu politik pada masa kampanye Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legistaltif, Aster Kasad menyampaikan, hasil Pilpres dan Pileg inilah yang akan menentukan arah pembangunan dan kesinambungan Negara Kesatuan Republik Indonesia selanjutnya.

“Organisasi ini harus menjadi garda terdepan suksesnya pelaksanaan Pilpres dan Pileg dengan damai,” kata Aster Kasad.

Aster Kasad mengungkapkan, sasaran yang ingin dicapai pada kegiatan ini adalah Terwujudnya rasa cinta tanah air, wawasan kebangsaan dan kesadaran bela negara bagi seluruh komponen bangsa guna mewujudkan keeratan dalam hubungan untuk kepentingan pertahanan negara, terwujudnya kader FKPPI dan HIPAKAD yang bebas Narkoba dan terhindar dari pergaulan seks bebas dalam kehidupan sehari-hari dan terwujudnya pemahaman kader FKPPI dan HIPAKAD tentang mempertahankan Ideologi Pancasila melalui bela negara untuk menjaga keutuhan NKRI.

“Setiap prajurit TNI harus senantiasa menjadi contoh dan tauladan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, termasuk komitmen netralitas TNI yang harus dipatuhi dan dipegang tehuh oleh seluruh prajurit dan senantiasa berbuat yang terbaik, tulus ikhlas demi rakyat, bangsa dan negara,”  tegas Aster Kasad.

Dijelaskan Aster Kasad, perlunya diselenggarakannya kegiatan ini mengingat dinamika TNI AD dalam kiprahnya di masyarakat akan menghadapi tantangan jaman yang semakin komplek di bidang informasi dan perkembangan lingkungan yang semakin dinamis, sehingga diharapkan melalui kegiatan ini dapat saling tukar informasi demi kemajuan dan keutuhan NKRI.

Mayjen TNI Supartodi menegaskan, kembali, dalam kaitannya dengan kemajuan informasi dan teknologi, Angkatan Darat dan keluarga besar TNI harus siap menghadapi tantangan global.

“Besar harapan kami kepada Keluarga Besar TNI khususnya FKPPI dan HIPAKAD yang telah menyatu dengan kultur global dan media digital, jangan sampai terbawa arus pada hal-hal negatif tapi sebaliknya dapat membendung dengan terus mengasah diri mengikuti perkembangan jaman tanpa melupakan jatidiri kita sebagai bangsa Indonesia,” tegas Mayjen Supartodi.

Seperti yang ditegaskan Kasad Jenderal TNI Mulyono dalam berbagai kesempatan, sebagai generasi penerus harus memiliki kekebalan bangsa atau Immunity of the Nation yang pada dasarnya adalah daya tahan dan daya tangkal yang dimiliki bangsa Indonesia untuk menghadapi berbagai persoalan dalam konteks kesatuan bangsa serta kekebalan yang dimiliki bangsa Indonesia dalam mempertahankan keutuhan dan kedaulatan NKRI walaupun karakter tersebut secara inherent (tidak bisa dipisahkan) telah menjadi anti virus yang menjaga kekebalan atau immunitas bangsa Indonesia.

Pada akhir sambutannya, Aster Kasad berpesan bahwa organisasi ini harus menjadi contoh organisasi lain karena kedisiplinannya, sikap mengedepankan kepentingan masyarakat dan selalu terdepan dalam setiap kegiatan sosial, hal tersebut akan menjadi contoh bagi organisasi masyarakat lainnya.

Editor : Benz

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here