Home Berita Terbaru Atasi Krisis Air, Satgas Yonmek 741 Kirim Truk Air Bersih Bagi Warga...

Atasi Krisis Air, Satgas Yonmek 741 Kirim Truk Air Bersih Bagi Warga Fatumuti

20
0

TTU, MEDIATRANSPARANCY.COM – Dalam mengatasi krisis air bersih menjelang musim kemarau, serta dihadapkan dengan tidak adanya sumber mata air untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, Satgas Yonif 741/GN mengirimkan truk air bersih untuk membantu warga Desa Fatumuti.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Mayor Inf Hendra Saputra, S.Sos., M.M., M.I.Pol dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Timur Tengah Utara (TTU), NTT, Selasa (16/7/2019).

Diterangkan Hendra, kondisi kekurangan air bersih seperti saat ini, hampir dialami setiap tahunnya oleh warga, sehingga mereka mengalami kesulitan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

“Di musim hujan, mereka memanfaatkannya dengan menampung air untuk keperluan memasak dan mencuci,” ujarnya.

“Terkadang, karena susahnya mendapatkan air bersih, mereka harus rela mengeluarkan biaya untuk membeli air bersih guna mencukupi kebutuhan hidupnya,” terangnya.

Lebih lanjut Hendra mengatakan, melihat kesulitan yang terjadi di masyarakat. Satgas berupaya membuat beberapa program untuk membantu kesulitan warga, diantaranya pembuatan sumur resapan, membangun MCK dan pendistribusian air bersih bagi wilayah yang kekeringan.

“Seperti yang saat ini kita lakukan, Pos Kalan bersama aparat teritorial setempat, dengan Kodim Timur Tengah Utara , memberikan bantuan air bersih kepada warga setempat,” ungkapnya.

“Dengan memanfaatkan truk tandon Satgas serta tangki air bantuan Kodim, pendistribusian air bersih dilakukan dengan mendatangi dari rumah ke rumah,” lanjutnya.

Dirinya berharap, semoga dengan bantuan yang berikan dapat mengurangi kesulitan warga dalam memperoleh air bersih untuk keperluan sehari-hari.

“Hingga purna tugas, kami bertekad untuk terus membantu kesulitan masyarakat dengan program yang kami jalankan,” pungkasnya.

Sementara itu salah satu warga, Lili mengatakan, dengan bantuan yang diberikan Satgas, sangat meringankan kesulitan warga dalam memperoleh air bersih.

“Terima kasih bapak TNI, berkat bantuan ini, yang biasanya warga harus membeli air, kini dapat menghemat dalam pengeluaran,” tandasnya.

Sumber: Dispenad

Editor: Benz

alterntif text

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here