Home Berita Terbaru Bangkitkan Jiwa Nasionalisme, Danramil Selat Berikan Wasbang Kepada Pelajar

Bangkitkan Jiwa Nasionalisme, Danramil Selat Berikan Wasbang Kepada Pelajar

43
0

KAPUAS, MEDIA TRANSPARANCY – Guna menumbuhkan jiwa nasionalisme terhadap generasi muda penerus bangsa, Kodim 1011/Kuala Kapuas melalui Danramil 1011-04/Selat, Kapten Inf Amir Djaha melaksanakan Sosialisasi wawasan kebangsaan (Wasbang) kepada para siswa-siswi MAN Sirajul Huda. Kegiatan tersebut bertempat di Aula MAN Sirajul Huda yang berlokasi di Kelurahan Pulau Kupang, Kecamatan Bataguh, Kabupaten Kapuas, pada hari Jumat (6/9/19).

Dalam kesempatanya Danramil mengatakan, wawasan kebangsaan harus dipahami sejak dini, karena untuk menanamkan idiologi yang kuat dan rasa cinta tanah air serta kewajiban dalam bela NKRI. Selain itu juga, bertujuan untuk menumbuhkan kecintaan para pelajar kepada tanah air, menumbuhkan kesadaran berbangsa dan bernegara, pancasila sebagai ideologi bangsa serta kerelaan berkorban bagi negara.

Disamping itu juga, menjadikan generasi muda memiliki pengetahuan yang luas, memiliki rasa tanggung jawab baik terhadap diri sendiri, keluarga maupun di lingkungan masyarakat. Dengan harapan para pelajar nantinya mempunyai mental dan karakter yang baik sebagai generasi penerus bangsa serta terhindar dari aksi tawuran, pergaulan bebas, Miras dan Narkoba,” ujarnya.

Secara terpisah, Komandan Kodim 1011/Kuala Kapuas, Letkol Kav Bambang Kristianto Bawono, S.I.P., di Makodim 1011/Klk menyampaikan, ada 4 pilar NKRI yang sangat penting untuk dipahami para siswa-siswi yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika serta 3 unsur pokok dalam wawasan kebangsaan yang meliputi rasa, paham dan semangat kebangsaan. “Jika para siswa-siswi sudah memiliki rasa kebangsaan maka kita akan menjadi bangsa yang kuat, dihormati dan disegani diantara bangsa-bangsa di dunia,” ujarnya.

Kegiatan tersebut sangat penting dilakukan, karena sebagai modal generasi muda untuk terus menjaga keutuhan NKRI dalam menghadapi masa depan yang semakin berkembang dan maju tanpa menghilangkan rasa kepedulian, gotong royong maupun tekat mempertahankan keutuhan bangsa,” terang Dandim 1011/Klk.

Sementara itu, Kepala Sekolah MAN Sirajul Huda Ibu Rusmiati, S.Ag.,S.Pd., mengungkapkan, Wasbang yang diberikan oleh Danramil sangat mendapat antusias dan respon positif dari siswa-siswi, hal ini terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang disampaikan pada saat sesi tanya jawab.

“Terima kasih kepada Kodim 1011/Klk yang telah memberikan pengetahuan Wasbang kepada para siswa-siswi kami, sehingga mereka bisa menambah ilmu, wawasan dan menumbuhkan rasa cinta tanah air. Semoga kegiatan seperti ini bisa berlanjut dan berkesinambungan kedepanya,” ucapnya.

Sumber: Pendam XII/Tpr
Editor:MT3.
alterntif text

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here