Home NASIONAL Bangun Daerah dengan Inovasi

Bangun Daerah dengan Inovasi

246
0
Foto : Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla ketika memberikan sambutan pada Peluncuran I-OTDA dan Peresmian Pembukaan Seminar Nasional “Strategi dan Arah Pengembangan Kebijakan Smart City di Indonesia Menghadapi Tantangan Masyarakat Ekonomi ASEAN”, di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Selatan, Selasa, (26/4/2016).

Jakarta, Mediatransparancy.com – Otonomi daerah (otda) adalah suatu keharusan yang sejalan dengan perubahan-perubahan dasar sistem perpolitikan Indonesia dari sentralisasi ke desentralisasi.

“Makna dari otonomi daerah itu ialah memberikan kesempatan ke daerah untuk membangun, menginovasi, punya kreatifitas untuk membangun daerahnya masing-masing sesuai kondisi wilayahnya,” ujar Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla ketika memberikan sambutan pada Peluncuran I-OTDA dan Peresmian Pembukaan Seminar Nasional “Strategi dan Arah Pengembangan Kebijakan Smart City di Indonesia Menghadapi Tantangan Masyarakat Ekonomi ASEAN”, di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Selatan, Selasa, (26/4/2016).

Lebih lanjut Wapres menjelaskan bahwa tujuan otda bersifat mutlak, yakni bernegara, berpemerintahan, dan berotonomi dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Untuk mencapai tujuan tersebut berbagai cara telah dilakukan, seperti cara meningkatkan pelayanan pemerintahan, cara menghidupkan kehidupan demokrasi, cara meningkatkan keadilan sosial, cara pemerataan wilayah, dan sebagainya.

Secara tegas Wapres menyatakan bahwa saat ini yang menentukan ialah kemampuan pemimpin-pemimpin daerah untuk membawa daerahnya lebih maju. Itu merupakan ukuran keberhasilan suatu otonomi. Sekarang daerah juga dipersilahkan untuk mengatur penggunaan dana alokasi umum (DAU) dan dana alokasi khusus (DAK) sesuai dengan batasan-batasan yang telah ditentukan.

Namun, lanjut wapres, walaupun daerah memiliki kebebasan, pemerintah tetap memiliki keharusan untuk menjaga stabilitas serta pemerataan nasional. Kebijakan akan dikeluarkan apabila diperlukan untuk menjaga negara kesatuan dengan baik.

Pada acara tersebut, Wapres berkesempatan menekan layar sentuh sebagai tanda Peluncuran Insitut OTDA dan Peresmian Pembukaan Seminar Nasional, dengan didampingi oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara, Menteri PAN-RB Yuddy Chrisnandi, dan Presiden Institut OTDA Djohermansyah Djohan. (KIP, Setwapres)

Editor : Aloysius Tedi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here