Home HUKUM Bangunan Bermasalah Jadi Bancakan, Kejari Jakbar Akan Turun Menyelidiki

Bangunan Bermasalah Jadi Bancakan, Kejari Jakbar Akan Turun Menyelidiki

122
0

JAKARTA, MEDIA TRANSPARANCY – Kejaksaan Negeri Jakarta Barat akan menyelidiki penyimpangan terkait persoalan perizinan bangunan-bangunan bermasalah yang kian marak di wilayah Jakarta Barat.

“Pemberitaan ini sebagai bahan bagi kami untuk membuat telaahan kepada pimpinan,” ujar Kepala Seksi Intelijen Kejari Jakbar, Edwin kepada mediatransparancy.com, Selasa (8/9/2020) malam.

Seperti diketahui, bangunan-bangunan bermasalah di Jakarta Barat diduga kuat menjadi bancakan oleh oknum-oknum yang tak bertanggungjawab.

Seiring dengan hal tersebut, anehnya, instansi yang seharusnya mengawasi dan menegakkan peraturan daerah, malah diam melihat tanpa merasa bersalah.

Oleh sebab itu, kinerja CITATA Jakbar selaku pengawas teknis dan Satpol PP sebagai penegak Perda patut dipertanyakan kinerja dan kredibilitasnya dalam mengimplementasikan regulasi terkait perizinan bangunan.

Baca juga: Segel Dicopot, Bangunan Gudang dan Hotel Kangkangi Pergub 128 Tahun 2012

Seperti bangunan gedung yang berlokasi di Jakarta Barat yakni di Kavling Pergudangan Poglar, Kapuk dan Bangunan Hotel di Jalan Wadas (Jalan Peta Utara), Kalideres, yang telah disegel, namun masih melanjutkan kegiatan pembangunan.

Parahnya, segel yang dipasang di kedua bangunan tersebut kini tidak terlihat lagi alias dicopot. Artinya, secara langsung penyelenggara bangunan telah jelas-jelas mengangkangi Pergub 128 tahun 2012 tentang Pengenaan Sanksi Penyelenggaraan Bangunan Gedung.

Padahal fungsi dan isi pada Bab I Pasal 1 nomor 37, 38 dan 39 dengan jelas dikatakan bahwa penyegelan, surat segel dan papan segel yang diberikan di lokasi bangunan gedung memerintahkan agar seluruh aktifitas/kegiatan pembangunan dan/atau pemanfaatan bangunan gedung yang melanggar dihentikan/ditutup.

Atas pembiaran tersebut, patut diduga ada oknum pejabat di Sudin CITATA dan Satpol PP Jakbar yang telah menerima upeti dari pihak penyelenggara bangunan.

 

Penulis: MT1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here