banner 728x250

Bangunan Kantor Lima Lantai di Bali Mester Dibangun di Zona Perumahan

  • Share

JAKARTA, MEDIA TRANSPARANCY – Satu unit bangunan kantor yang sesuai papan proyek berlokasi di Jalan Otista Raya RT 001/001, Kelurahan Bali Mester, Kecamatan Jatinegara, Kota Adminiatrasi Jakarta Timur menuai kecaman berbagai pihak.

 

judul gambar

Pasalnya, sesuai peta zonasi di Kecamatan Jatinegara, lokasi berdirinya bangunan tersebut adalah R4, zona perumahan KDB sedang-tinggi, dimana ketinggian bangunan adalah dua lantai.

Hal tersebut disampaikan Ketua Umum LSM Kipas, Redol S, yang dimintai komentarnya seputar bangunan yang diduga melanggar tersebut.

Disampaikannya, bahwa lokasi berdirinya bangunan tersebut tidak sesuai dengan yang tertera pada banner.

“Titik lokasi berdirinya bangunan tersebut bukan di Jalan Otista Raya, tetapi di Jalan Otista I,” ujarnya.

 

Dikatakan Redol, bangunan tersebut dibangun pada zonasi yang tidak semestinya.

“Zonasi berdirinya bangunan itu adalah R4 yang nota bene zona perumahan, dimana maksimal ketinggian bangunan hanya 2 lantai. Namun di lapangan dipertontonkan bangunan kantor dengan ketinggian saat ini sudah hampir lima lantai,” ungkapnya.

Ditambahkannya, dugaan terjadinya pelanggaran terhadap bangunan tersebut sudah merebak, namun tidak ada tindakan berarti.

“Kita sudah menyampaikan permasalahan ini kepada pihak-pihak yang terkaut, namun hingga kini tudak ada tindakan berarti,” sebutnya.

 

Redok meminta adanya langkah kingjrit yang dilakukan Plt Inspektorat DKI Jakarta, Saefuloh Hidayat untuk melakukan tindakan nyata.

“Plt Inspektorat DKI, Saefuloh Hidayat harus segera melakukan tindakan terhadap pihak-pihak yang dengan sengaja melakukan pembiaran pelanggaran,” imbuhnya.

Sementara itu, Kasudin Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Timur, Widodo yang dikonfirmasi terkait dugaan adanya dugaan pelanggaran terhadap lokasi gedung tersebut justru mengirimkan data pengajuan izin di PTSP. “Lihat IMB,” ujarnya singkat.

Namun ketika ditunjukkan jalan dimana bangunan tersebut berlokasi, yakni Jalan Otista I, Widodo tidak mau menjawab lagi. (Anggiat S)

judul gambar
  • Share
judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *