Home HUKUM Bangunan Kos Berani Pakai IMB Palsu, Ada Oknum Berpraktik ‘Kongkalikong’ ??

Bangunan Kos Berani Pakai IMB Palsu, Ada Oknum Berpraktik ‘Kongkalikong’ ??

279
0

JAKARTA, MEDIA TRANSPARANCY – Sebuah bangunan kos 20 pintu dan 2 lantai, di Kelurahan Penjaringan, Jakarta Utara, diduga memasang plang izin mendirikan bangunan (IMB) palsu.

Pasalnya, plang IMB yang terpasang pada bangunan tersebut, keterangannya dikeluarkan oleh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Dinas Pengawasan dan Penertiban Bangunan (P2B) DKI Jakarta pada tanggal 10 Februari 2020.

Padahal, SKPD Dinas P2B sudah berganti nama menjadi Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan (Citata).

Selanjutnya, dalam hal perijinan pun telah dilimpahkan ke Badan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang secara resmi melayani segala perizinan di DKI Jakarta sejak tahun 2013 lalu.

Beroperasinya PTSP tersebut mengacu pada Perda Nomor 12 Tahun 2013 mengenai Perizinan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

Sejak saat itu, perizinan terkait mendirikan bangunan baru tidak lagi diterbitkan oleh Dinas Pengawasan dan Penertiban Bangunan (P2B).

Pantauan di lokasi, pada Rabu (2/9/2020), Plang IMB bernomor 00405/PIMB-PB/U/2020, Pemilik Kioe Sie Hok, penggunaan kos-kosan tersebut berlokasi di Jalan Rawa Bebek, No.13 RT 09/RW 010, Kelurahan Penjaringan, Jakarta Utara.

Dengan adanya temuan tersebut, bisa jadi di Jakarta Utara sudah marak IMB-IMB palsu yang digunakan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab.

Baca juga: Citata, PTSP dan Satpol PP Jakut Biarkan Bangunan Kos Pakai IMB Palsu

Hal ini juga menunjukkan bahwa pengawasan Sudin Citata Jakut yang dipimpin oleh Kusnadi selaku Kasudin Citata sangat lemah.

Pengawasan Citata yang lemah atau ada Oknum yang melakukan praktik ‘kongkalikong’ ya ??

Terkait hal ini, redaksi masih berusaha melakukan konfirmasi kepada SKPD terkait untuk mendapatkan penjelasan atas temuan ini.

 

 

Penulis: MT1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here