banner 728x250

Bangunan Melanggar di Jalan Batu Belah Jagakarsa Marak, Kepala Inspektorat DKI: Akan Ditindak

  • Share

MEDIA TRANSPARANCY – Diperkirakan sebanyak 10 unit bangunan kontrakan di Jalan Batu Belah I, Kecamatan Jagakarsa, Kota Administrasi Jakarta Selatan dibangun tanpa memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Sesuai peta zonasi Kecamatan Jagakarsa, keberadaan bangunan tersebut berada pada zalur hijau (H2), sehingga tidak dimungkinkan untuk keluar izin.

judul gambar

Namun konyolnya, walau tidak mengantongi izin sama sekali, pihak Sektor Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan (CKTRP) Kecamatan Jagakarsa justru hanya ‘memelototi’ bangunan melanggar tersebut.

Kasektor CKTRP Jagakarsa, Budiono yang dikonfirmasi Media Transparancy tidak berkenan menjawab.

Sementara itu Camat Jagakarsa, Alamsah yang dikonfirmasi mengatakan akan menyurati Kasektor Citata Jagakarsa.

“Saya akan menyurati Citata agar segera dilakukan tindakan,” tandasnya.

Kepala Inspektorat DKI Jakarta, Saefulloh Hidayat yang dimintai komentarnya mengatakan akan melakukan cek and ricek.

“Saya akan perintahkan aparat turun ke lapangan untuk cek and ricek. Jika terbukti melanggar akan kita tindak sesuai aturan,” tandasnya.

Ketua Umum LSM KIPAS, Redol kepada Media Transparancy menyebutkan, bahwa maraknya bangunan melanggar di Jagakarsa akibat gagalnya kepemimpinan Kasektor CKTRP Budiono.

“Budiono tidak mampu mengemban tugas yang diberikan kepadanya selaku Kasektor CKTRP Kecamatan Jagakarsa,” ujarnya.

Dikatakannya, bahwa Budiono tidak mampu menjalankan aturan sesuai yang diamanatkan Pemprov DKI dalam melakukan pengawasan bangunan.

“Pengawasan yang dilakukan sama sekali tidak becus. Justru lebih banyak melakukn pembiaran dari pada melakukan pengawasan,” ungkapnya.

Ditambahkannya, pihaknya menduga ada peran “bisnis” terselubung dibalik maraknya bangunan melanggar di Jagakarsa.

“Kita menduga ada permainan “bisnis” bangunan melanggar yang dilakukan oknum-oknum CKTRP Jagakarsa, yang berdampak pada banyaknya ditemukan bangunan melanggar,” sebutnya.

Masih dilokasi yang sama (Jalan Batu Belah), Media Transparancy, juga menemukan puluhan unit bangunan rumah tinggal dua lapis, dimana sebahagian diantaranya diduga tidak memiliki izin.

Salah seorang pekerja yang meminta identitasnya dirahasiakan ketika dikonfirmasi menyebutkan, bahwa masalah izin bukan urusan mereka.

“Kita hanya kerja membangun pak. Masalah izin kita kita begitu paham. Tapi setau saya, tidak semua ada izinnya,” tukasnya.

Penulis: Anggiat S

judul gambar
  • Share
judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *