banner 728x250

Bangunan Melanggar Marak di Jagakarsa, Plt Inspektorat DKI: Segera Kita Proses

  • Share

JAKARTA, MEDIA TRANSPARANCY – Pembangunan puluhan pintu Ruko di Jalan Moch Kahfi I, RT 007/001, Kelurahan Ciganjur, Kecamatan Jagakarsa, Kota Adminiatrasi Jakarta Selatan menuai banyak kririkan dari berbagai kalangan.

Mereka menganggap, bahwa ada kecenderungan, bahwa pejabat Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan hanya menjalankan aturan kepada publik kecil.

judul gambar

“Mereka hanya mampu menggusur rakyat jelata pak. Kalau untuk orang besar, mereka mana mampu,” kata Sultan, salah seorang pedagang disekitar lokasi pembangunan ruko dengan meminta identitasnya dirahasiakan.

Dikatakannya, bahwa ketidakwajaran di lapangan justru dipelihara oleh pejabat Pemkot Jaksel.

“Anak TK saja tau kalau ini tidak benar. Masa izinnya rumah tinggal, yang dibangun ruko, edan,” ucapnya.

Sekjen Graceindo, Anggiat mengutarakan, bahwa maraknya bangunan melanggar di Kecamatan Jagakarsa telah mempertontonkan kalau tata kelola pemerintahan Pemkot Jaksel ‘bobrok’.

“Pejabat Pemkot Jaksel yang terkait telah mempertontonkan  kepada masyarakat Jakarta kalau mereka tidak mampu bekerja,” tukasnya.

Dikatakan Anggiat, membangun kampus dengan izin rumah tinggal, membangun ruko dengan izin rumah tinggal, atau membangun rumah tinggal tanpa izin merupakan hal yang sudah biasa.

“Saya tidak bisa membayangkan membangun kampus 6 lantai hanya dengan izin rumah tinggal 3 lantai di Jl Camat Gabun,  membangun puluhan pintu ruko hanya dengan izin rumah tinggal di Jl Moch Kahfi I dan membangun rumah tinggal yang sebahagian besar tidak ada izin di Jl Batu, semuanya nyaman-nyaman saja. Buat saya ini bobrok,” tegasnya.

Ditambahkannya, ada fenomena yang menarik atas temuan pelanggaran bangunan di Kecamatan Jagakarsa tersebut.

“Atas temuan-temuan bangunan-bangunan melanggar tersebut, hampir semua pejabat yang terkait, seperti Wakil Walikota Jaksel, Irbanko, Camat Jagakarsa, hingga Kasektor Citata Jagakarsa bungkam. Ini ada apa?” tanya Anggiat.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Inspektorat DKI Jakarta, Syaefuloh Hidayat yang dimintai komentrnya seputar bangunan-bangunan melanggar di Kecamatan Jagakarsa tersebut mengatakan akan segera memproses.

“Terima kasih atas informasinya pak. Akan segera kami tindaklanjuti dengan berkoordinasi sama dinas terkait untuk melakukan penelitian lebih lanjut dan penertiban sesuai ketentuan, tindaklanjutnya akan kami pantau,” sebutnya.

Sementara itu, Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta,  Ida Mahmudah yang dimitai komentarnya terkait bangunan-bangunan melanggar di Kecamatan Jagakarsa tersebut mengatakan sudah menindaklanjuti ke dinas terkait.

“Sudah berkoordinasi. Kepala dinas akan menindak yang melanggar,” tukasnya. @s/Red

judul gambar
  • Share
judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *