Home BERITA TERBARU BANJIR DATANG, KODAM JAYA DIRIKAN POSKO PENANGGULANGAN BENCANA BANTU MASYARAKAT

BANJIR DATANG, KODAM JAYA DIRIKAN POSKO PENANGGULANGAN BENCANA BANTU MASYARAKAT

345
0

JAKARTA, MEDIATRANSPARANCY.COM – Naiknya debit air Sungai Ciliwung telah menyebabkan banjir di permukiman warga di bantaran kali di wilayah Bogor hingga Jakarta. Tingginya intensitas air akibat hujan yang berkepanjangan di wilayah Jakarta dan Bogor menyebabkan beberapa wilayah di Ibukota tergenang air luapan sungai Ciliwung.

Bencana banjir menimpa beberapa wilayah di DKI Jakarta, khususnya Jatinegara Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (5/2/2018).

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, empat kecamatan di wilayah Jakarta Timur juga terendam air antara lain meliputi Kramat Jati, Jatinegara, Makasar, dan Cakung. Sedangkan untuk wilayah Kecamatan Jatinegara, kelurahan yang terendam adalah Kampung Melayu dan Bidara China.

Melihat beberapa wilayah yang terkena banjir, Kodam Jaya mulai Senin kemaren menyiagakan jajarannya untuk diterjunkan ke lapangan melaksanakan penanggulangan bencana Banjir. Di beberapa wilayah nampak ratusan prajurit Kodam Jaya mendirikan posko penanggulangan banjir, mengevakuasi warga, membantu mengamankan harta benda milik masyarakat dan bahkan mendirikan dapur umum untuk memenuhi makan masyarakat yang dievakuasi.

Pos-pos pelayanan kesehatan untuk pengobatan masyarakat yang terkena banjirpun telah didirikan di dekat posko-posko pengungsian.

Disela-sela kegiatan tersebut, Kasdam Jaya/Jayakarta, Brigjen TNI Herianto Syahputra yang didampingi Danrem 051/Wijayakarma, Kolonel Inf Bobby Rinal Makmun, dan Dandim 0505/Jakarta Timur, Letkol Inf Anan Nurakhmanmeninjau lokasi bencana banjir untuk mengetahui langsung kesulitan masyarakat. Dengan mengetahui secara langsung, Kodam Jaya/Jayakarta dapat mengambil langkah untuk membantu masayarakat dan meminimalisir korban jiwa dan kerugian harta benda.

“Kami sekuat tenaga dengan mengerahkan pasukan Kodam Jaya akan membantu menangani bencana tersebut,” tegas Kasdam Jaya.

Disamping itu, kata Brigjen TNI Herianto Syahputra, bahwa sebagai bagian dari masayarakat, TNI khususnya Kodam Jaya mempunyai kewajiban untuk peduli dengan kesulitan rakyat di wilayah Ibukota.

Dari berita sebelumnya, Kodam Jaya menyiapkan personel yang disiagakan dalam antisipasi bencana banjir meliputi wilayah Jakarta Selatan terdiri dari satuan Kodim 0504/JS dan Yonarhanudse 10/ABC. Sedangkan untuk wilayah Jakarta Timur disiapkan personel dari Kodim 0505/JT, Yonif Mekanis 202/TM dan Yonarmed 7/105 GS. Kodam Jaya juga menyiapkan fasilitas dapur umum dan LCR dari satuan Bekangdam Jaya.

Sementara untuk wilayah Jakarta Pusat Kodam Jaya telah menyiagakan pasukan dari Kodim 0501/Jakarta Pusat BS dan Yonif Mekanis 201/JY.

Masyarakat dihimbau untuk terus meningkatkan kewaspadaan dan kesiagaan terutama bagi masyarakat yang tinggal di daerah bantaran kali Ciliwung, serta tidak ragu untuk melaporkan perkembangan situasi kepada Koramil, Kodim terdekat. Benz

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here