banner 728x250

Banjir Melanda Hampir Seluruh Wilayah Aceh Timur

  • Share

ACEH TIMUR, MEDIA TRANSPARANCY – Diperkirakan hampir seluruh wilayah di Kabupaten Aceh Timur terendam banjir, hal ini disebabkan hujan deras sejak kamis malam. Menurut info yang kami dapat setidaknya sampai saat berita ini diterbitkan, telah diketahui ada sekira 10 kecamatan di Kabupaten Aceh Timur yang terdampak terendam banjir pada, Jum’at (04/12/2020).

Sepuluh kecamatan tersebut diantaranya meliputi; Idi Tunong, Banda Alam, Darul Aman, Peudawa, Peureulak, Peureulak Barat, Peureulak Timur, Ranto Peureulak, Julok, Sungai Raya, dan Birem Bayeun.

judul gambar
KLiK - LIKE - Share & SUBSCRIBE Video-NYA

Camat Idi Tunong, Baihaqi, S.Ag mengatakan bahwa untuk wilayah Idi Tunong untuk saat ini tercatat sekitar 6 gampong yang terendam banjir diantaranya gampong Alue Lhok, Paya Awe, Padang Kasah, Paya Gaboh, Seuneubok Buya, dan Gampong Keumuneng.

Kepala BPBD Kabupaten Aceh Timur Ashadi, SE, MM melalui Petugas Pusdalops BPBD Muhardi Suhendro Mengatakan, Untuk Kecamatan Peureulak sampai saat ini diketahui ada dua gampong yang terendam banjir yaitu gampong Jeungki dan Alue Lhok.

Untuk Kecamatan Peureulak Barat sampai saat ini diketahui gampong Beuringen terendam banjir, sedangkan di Kecamatan Peudawa yaitu gampong Buket Kuta dan Meunasah Kreung. Sementara untuk kecamatan Ranto Peureulak ada Gampong Punti Payong dan untuk Kecamatan Julok yang terendam banjir meliputi Gampong Keumuneng, Ladang Baro dan Seuneubok Baro.

“Untuk Kecamatan Birem Bayeun yang tergenang air yaitu gampong Alue Seuntang. Hal yang sama juga terdapat di kecamatan Indra Makmur dengan gampong Perkebunan Julok Rayeuk Utara yang terendam banjir,” Kata Muhardi.

Sementara untuk Kecamatan Sungai Raya dan beberapa Kecamatan lainnya masih dalam pendataan. adapun tinggi untuk tiap daerah dapat berpariasi dari 50 cm sampai 1,2 meter.

“Ada tambahan informasi pak mohon bapak tambahkan jika beritanya sudah ditayangkan tapi informasinya saya dapat dari laporan warga bukan dari BPBD,” paparnya.

Sementara hasil laporan masyarakat yang kami terima beberapa desa juga mengalami banjir diantaranya Desa Mata Ie dan Desa Pertamina kecamatan Ranto Peureulak, desa Alue Ie Mirah Kecamatan Indra Makmur, desa Lhok Asahan Kecamatan Idi Rayeuk
serta desa Keude Dua kecamatan Darul ihsan.

Selain merendam ribuan rumah, banjir juga merendam berbagai fasilitas seperti Gedung Sekolah dan lain-lain bahkan banjir juga membuat akses arus transportasi beberapa wilayah terputus diantaranya jalan lintas daerah Blang Batee, Paya Awee, Seuneubok Buya.(*)

Reporter: Ami
judul gambar
  • Share
judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *