banner 728x250

Banyak Keistimewaan, Ridwan Kamil Minta Masyarakat Kota Cirebon Jaga Alun-alun Kejaksan

  • Share

TRANSPARANCY – Alun-alun Kejaksan sebagai ikon dan kebanggaan warga Kota Cirebon diresmikan penggunaannya oleh Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil, Rabu (21/4/2021) sore.

Memiliki berbagai keistimewaan, Ridwan Kamil atau biasa disapa Kang Emil berpesan agar dengan keberadaan Alun-alun tersebut hendaknya pemimpin dapat membahagiakan warganya.

judul gambar

“Salah satu keistimewaannya, Alun-alun Kejaksan bisa menyelesaikan permasalahan kemacetan di Kota Cirebon dengan adanya basement atau ruang bawah tanah yang digunakan untuk parkir,” ungkap Kang Emil.

Dimana menurutnya basement Alun-alun Kejaksan tersebut mampu menampung sekitar 70 mobil dan 120 motor.

“Keistimewaan lainnya, Alun-alun ini memiliki dimensi sejarah yang sangat diperhatikan dalam pembangunannya. Termasuk adanya tugu proklamasi ini,” jelasnya.

Kepada warga Kota Cirebon, Ia pun menitipkan pesannya untuk memanfaatkan berbagai fasilitas yang ada di tempat tersebut dengan tidak lupa selalu menjaga kebersihannya.

Pada kesempatan yang sama, Wali Kota Cirebon, H. Nashrudin Azis berharap dengan keberadaan alun-alun dapat meningkatkan indeks kebahagiaan warganya.

“Dimana kedepannya alun-alun Kejaksan sebagai ruang terbuka publik dapat difungsikan sebagai tempat edukasi, interaksi, sosial, berdiskusi dan refreshing,” harapnya.

Untuk diketahui, Alun-alun Kejaksan Kota Cirebon dilengkapi fasilitas lapangan utama dan paviliun upacara, memiliki area tempat olahraga, taman, pepohonan, shelter pedagang kaki lima (PKL).

Selain itu yang menjadi daya tarik pengunjung keberadaan dan menjadi spot selfi, yaitu keberadaan gerbang utama yang berbentuk candi Bentar dengan tinggi sekitar 9 meter.

Untuk mengingat sejarah, pengunjung disuguhkan dengan Plaza Memorial, dimana didalamnya terdapat memorial sejarah tugu proklamasi yang ada di Kota Cirebon.

Fasilitas lainnya yang tak kalah menarik yaitu arena bermain anak serta microlibrary yang berfungsi sebagai taman baca.

Penulis: Acep
judul gambar
  • Share
judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *