Home Berita Terbaru Barang Bukti BBM dan Kapal Diduga Raib, Hakim Pertanyakan Jaksa Dalam Sidang

Barang Bukti BBM dan Kapal Diduga Raib, Hakim Pertanyakan Jaksa Dalam Sidang

183
0

Jakarta, mediatransparancy.com –Barang Bukti hasil sitaan penyidik berupa Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Kapal pengangkut yang digunakan terdakwa Lukman di pertanyaan majelis hakim dalam persidangan pemeriksaan saksi di Pengadilan Negeri Jakarta Utara.

Majelis hakim pimpinan Purwanto didampingi hakim anggota Tiares Sirait dan Ramses Pasaribu, yang menyidangkan dan memeriksa berkas perkara terdakwa Lukman, atas dugaan pencurian BBM solar di Pelabuhan atau  Dermaga Kali Baru Timur, Jakarta Utara, sekitar tiga bulan lalu terindikasi adanya menghilangkan barang bukti di Kejaksaan Negeri Jakarta Utara.

Pasalnya, dalam persidangan 12/02/20, disaat pemeriksaan keterangan para saksi penangkap (aparat Kepolisian) KP3 Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, hakim mempertanyakan Barang Bukti yang disita penyidik. Ini barang buktinya dimana sekarang, kata pertanyaan Hakim Purwanto ke penyidik. Penyidik menjawab sudah kami serahkan ke jaksa ada dalam berkas, ujar penyidik. Lalu hakim mempertanyakan ke jaksa penuntut umum Yonard SH barang buktinya BB, Kapal dan Solarnya dimana, namun jaksa diam tanpa jawaban.

pemeriksaan saksi Polisi penangkan di PN Jakut dengan Hami ketua Purwanto

Karena jaksa diam atas BB sitaan, hakim menyampaikan, “Ini perkara BBM jangan main main semuanya harus jelas. Saya mau lihat BB nya Solar dan Kapalnya saya minta jaksa harus menyiapkannya, kata Hakim dengan wajah serius. “Siapkan itu pa Jaksa” kata Hakim. Namun jaksa kelihatannya “Cengar Cengir alias Parno” diam saja terkesan tidak mengerti apa yang dipertanyakan  hakim.

Menyikapi hilangnya Barang Bukti Solar dan Kapal yang diduga telah dikembalikan kepada pemiliknya, usai persidangan jaksa penuntut umum Yonard SH saat di klarifikasi mengatakan, “bukan saya jaksa nya perkara itu. Saya hanya membantu menyidangkan perkara jaksa Astri karena beliau berhalangan sidang ada keperluan”, katanya. Menurut Jaksa Yonard , barang bukti yang ditanya hakim ada, cuma karena saya jaksa pengganti saya tidak tahu dimana disimpan, ujarnya pada mediatransparancy.com

Dalam kesempatan yang sama usai persidangan hakim Purwanto, pada media ini mengatakan, barang buktinya ada dalam berkas hanya saja jaksa Yonard bukan jaksa aslinya.  “Saya juga harus mengetahui keberadaan barang bukti tersebut, nanti kita lihat dalam persidangan berikutnya”, kata Hakim 12/02.

Dalam kasus dugaan pencurian BBM tersebut, dalam persidangan terungkap barang bukti  BBM Solar sisa sebanyak 7 drum menjadi milik terdakwa yang disita dalam kapal milik terdakwa Lukman.

Terdakwa Lukman tidak ditahan. Terdakwa diancam Undang Undang Migas, namun tidak seperti tahanan terdakw lain dimasukkan dalam terali besi..Jaksa seolah olah ada diskriminasi dan pilah pilah perkara yang bisa menjamin dengan materi sehingga terdakwa tidak ditahan. Hanya membelokkan pasal demi pasal menyangkut azas kepentingan sehingga terdakwa bisa bebas menghirup udara segar sekalipun duduk dikursi pesakitan.

(P.Sianturi)

alterntif text

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here