Home DAERAH Bogor Akan Terapkan ‘Smart City Lighting’ Atau PJU Pintar

Bogor Akan Terapkan ‘Smart City Lighting’ Atau PJU Pintar

344
0
Foto : iLustrasi

Bogor, Mediatransparancy.com – Dalam rangka mensinergikan program Smart City, Pemerintah Kota Bogor akan melaksanakan Smart City Lighting atau Penerangan Jalan Umum (PJU) Pintar. Demikian ungkap Nauval Isnaeni, Kasubbid Tata Ruang dan Lingkungan Hidup pada Bappeda Kota Bogor, Jumat (5/8).

“Master Plan PJU Pintar ini merupakan salah satu program prioritas Pemerintah Kota Bogor dalam kaitannya mitigasi perubahan iklim. Nantinya akan dibuat master plannya dalam rangka pengeloaan yang terbaik itu seperti apa,” kata Nauval.

PJU Pintar ini dari sisi pembangunan dan pemeliharaan akan memberikan keuntungan dari sisi penghematan penggunaan energi dan akuntabilitas penggunaan daya yang berkaitan dengan rekening listrik. “Dengan PJU Pintar ini ada satu acuan yang secara otomatis terkoneksi di internet dan terpusat, selain akan disesuaikan dan titik mana yang mendapat prioritas penerangan,” tambah Nauval.

Untuk mendapat pengelolaan yang baik, sambung Nauval, akan diarahkan kepada sektor swasta sebagai operator dengan harapan dapat menyerap tenaga kerja melalui terbukanya lapangan pekerjaan. “Untuk DKP sendiri akan dipermudah tugasnya karena cukup akan memonitor,” cetus Nauval.

Saat ini progress yang sudah dicapai masih pelaksanaan audit atau menghitung berapa PJU yang dimiliki serta apa saja komponen yang diperlukan dan lainnya. “Untuk pelaksanaannya sendiri masih tentatif karena tergantung hasil studi kelayakan teknis oleh AFD dan studi kelayakan sisi finansial, legal dan lingkungan oleh PT. SMI (Sarana Multi Infrastruktur), yang dalam waktu dekat akan membicarakan MoU. Mereka akan membantu mulai dari sisi pembiayaan, aspek lingkungan, hingga aspek hukum dan penyiapan kontrak. Karenanya kita sangat bersyukur ada yang membantu,” beber Nauval yang menambahkan PJU Pintar bentuk konkrit kerjasama dari program B-TOP yang diluncurkan Pemkot Bogor pada awal 2015 silam.

Nauval menambahkan, Kota Bogor dan Kota Mataram menjadi dua kota yang dipilih AFD sebagai kota yang menerapkan Smart City Lighting (PJU Pintar) melalui bantuan dari Kementerian ESDM Republik Indonesia melalui pendanaan Agence Française de Développement (AFD). Bantuan yang diberikan berupa technical assistance (bantuan teknis) dalam penyusunan master plan Smart City Lighting (PJU Pintar).

Penulis : Edi Sumardi/rel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here