Home NASIONAL BPKP Bekali Legislator Manokwari Selatan Seputar Pencegahan Korupsi

BPKP Bekali Legislator Manokwari Selatan Seputar Pencegahan Korupsi

210
0
Gbr: Kepala BPKP Papua Barat, Sumitro memberikan pembekalan kepada anggota DPRD Kabupaten Manokwari Selatan terpilih masa bakti 2014-2019 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi serta peran BPKP Provinsi Papua Barat dalam mengawal akuntabilitas keuangan daerah di Manokwari (22/01)

Papua, Mediatransparancy.com – Di hadapan 20 anggota DPRD Manokwari Selatan dan perwakilan Badan Diklat Provinsi Papua Barat, Sumitro mengingatkan pentingnya komitmen eksekutif maupun legislatif untuk meningkatkan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah. “Era otonomi daerah seperti saat ini, kepemerintahan yang efektif juga dipengaruhi oleh komitmen pimpinan, dukungan politik yang kondusif, dan pengawasan yang efektif,” ujar Sumitro.

Menurut beliau, kurangnya komitmen pimpinan dan minimnya pengawasan termasuk dari DPRD akan melahirkan pemerintahan yang korup. Untuk itu, ia mengajak anggota dewan terpilih dan Pemerintah Daerah untuk bersinergi menciptakan Pengelolaan Keuangan Daerah yang transparan dan akuntabel. “Tujuan akhirnya, kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah di Manokwari Selatan dapat terjaga. Perlu diingat, Bupati menargetkan opini WTP untuk LKPD Tahun 2014 yang merupakan LKPD perdana. Untuk itu, kita harus mendukung target bupati dan pastinya seluruh masyarakat Manokwari Selatan itu,” ujar Sumitro.

Ditegaskan pula oleh Sumitro, apa saja yang menjadi hak dari anggota DPRD, mana yang bukan merupakan hak. “Bila pihak eksekutif maupun legislatif tidak akuntabel dan diduga korupsi, maka akan berhadapan dengan BPKP. Sebab, BPKP membantu aparat hukum melakukan tindakan represif, baik dalam bentuk audit investigasi maupun penghitungan kerugian keuangan negara,”pungkasnya.(Humas BPKP Pabar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here