Home NASIONAL Budi Gunawan Berpotensi Menggantikan Badrodin Haiti Jabat Kapolri

Budi Gunawan Berpotensi Menggantikan Badrodin Haiti Jabat Kapolri

309
0
Foto : Kapolri Jenderal Badrodin Haiti dengan Wakil Kapolri Komisaris Jenderal Budi Gunawan .

Jakarta, Mediatransparancy.com – Jelang masa pensiun Kapolri Jenderal Badrodin Haiti, Wakil Kapolri Komisaris Jenderal Budi Gunawan dinilai berpotensi menggantikan Badrodin. Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Junimart Girsang mengatakan, Budi Gunawan mengerti tugas pokok dan fungsi Kapolri.

“Kenapa tidak menempatkan orang yang memahami itu kepada Budi Gunawan? Secara administratif dan hukum sudah selesai prosesnya,” kata Junimart di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (20/5).

Pada 10 Januari 2015, Presiden Joko Widodo mengatakan Budi Gunawan sebagai kandidat tunggal Kapolri menggantikan Sutarman. Keputusan ini membuat polemik baru karena keterkaitan Budi dengan kasus rekening gendut pejabat Polri serta pengaruh Megawati Sukarnoputri, karena Budi pernah menjadi ajudan Megawati saat ia menjadi presiden.

Polemik diperburuk dengan status tersangka yang ditetapkan Komisi Pemberantasan Korupsi pada 13 Januari 2015. Polemik itu tidak merubah keputusan DPR, menyatakan Budi Gunawan lulus uji kelayakan dan kepatutan sebagai calon Kapolri melalui rapat paripurna 15 Januari 2015.

Beberapa waktu setelahnya, Jokowi menarik usulannya dan mencalonkan Badrodin Haiti, saat menjabat Wakil Kapolri, menjadi Kapolri. Badrodin resmi menjadi Kapolri sejak 17 April 2015. Sementara itu, Budi Gunawan dilantik diam-diam menjadi Wakil Kapolri pada 22 April 2015.

“Selama Wakapolri sudah teruji toh? Kapolri dan Wakapolri bersinergi. Kenapa yang sudah saja tidak diajukan ke DPR?” tutur Anggota Komisi III DPR ini.

Penulis : Chris Muryat/Rel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here