Home DAERAH Bupati Bogor Serahkan Bantuan Alat Pertanian Kepada BP3K

Bupati Bogor Serahkan Bantuan Alat Pertanian Kepada BP3K

219
0

Bogor, Mediatransparancy.com -Komoditas pangan merupakan elemen strategis penunjang kebutuhan hidup yang sangat vital, maka Pemerintah Kabupaten Bogor menyerahkan bantuan alat pertanian, perlengkapan dan peralatan kantor bagi 12 Balai Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan( BP3K) di wilayah Kabupaten Bogor yang merupakan bantuan dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia melalui pusat penyuluhan yang bertempat di aula Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BKP5K),Sindang Barang, Kota Bogor pada Kamis kemarin (16 /6).

Bupati Bogor meminta bantuan yang diberikan dapat dipergunakan secara optimal dengan perawatan yang baik, karena pada dasarnya pengembangan pertanian yang berbasis teknologi akan meningkatkan produksi pertanian di Kabupaten Bogor dan membantu masyarakat tani untuk mengolah lahan pertanian dengan tenaga yang lebih ringan, waktu yang lebih singkat. “Dengan meningkatnya sarana dan prasarana kantor serta alat mesin pertanian di lingkungan BP3K, upaya percepatan kegiatan optimasi lahan melalui bidang pertanian dapat dilakukan lebih intensif, sehingga peluang akan lebih terbuka untuk meningkatkan kesejahteraan petani dan masyarakat umumnya,”katanya.

Ia juga mengatakan dalam rangka menjaga ketersedian kebutuhan pokok pangan bagi masyarakat, Pemerintah Kabupaten Bogor telah melakukan berbagai upaya yaitu aspek kebijakan pelaksanaan teknis di lapangan, peningkatan SDM, Kelembagaan, sarana prasarana, maupun pemanfaatan lahan. “Saya menyampaikan harapan agar BKP5K Kabupaten Bogor melalui para penyuluh lapangan terus berupaya meningkarkan peran aktifnya dalam memotibasi petani untuk memanfaatkan teknologi tepat guna dalam rangka meningkatkan produksi dan produktivitas pertanian,”katanya.

Nurhayanti juga berharap agar para penyuluh di lapangan harus membekali diri dengan wawasan dan pengetahuajn yang luas tentang pertanina modern, tentunya tanpa meninggalkan sistem pertanian konvensional yang telah terbukti berhasil dalam meningkatkan kesejahteraan para petani.

Di samping itu, Kepala BKP5K,Sutrisno menjelaskan alat mesin pertanian untuk para penyuluh memberikan sosialisasi kepada para kelompok tani dan BKP5K pun akan terus melakukan perbaikkan yang selama ini menjadi masalah utama para petani seperti Kemampuan SDM, Teknologi, Pemasaran dan Permodalan.
Sementara itu, Mariati tamba yang merupakan penyuluh ahli dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia meminta kepada Pemerintah Kabupaten Bogor untuk memaksimalkan aset tanah yang begitu luas karena akan menjadi keuntungan tersendiri bila di manfaatkan secara baik, karena kedaulatan pangan akan tercapai.

Penulis : Edi Sumardi/Agus Riyanto
Editor : Safid Firdaus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here