Home Kesehatan Cara Mencegah Turun Berok

Cara Mencegah Turun Berok

193
0

Mediatransparancy.com – Berjuta-juta orang di dunia mengalami turun berok, terutama pria. Turun berok tak hanya dapat dialami oleh pria namun wanita pun dapat mengalaminya.

Turun berok atau yang dalam istilah medis dikenal sebagai hernia merupakan suatu kondisi dimana bagian dari organ di rongga perut keluar dari tempat yang seharusnya, penyebabnya adalah dinding rongga perut yang tidak kuat. Kondisi ini bila terjadi di selangkangan disebut sebagai hernia inguinalis.

Biasanya yang dikeluhkan adalah adanya benjolan, bila masih ringan maka benjolan dapat kembali atau naik dengan sendirinya namun bila sudah parah benjolan dapat menimbulkan rasa nyeri yang hebat.

Turun berok tidak bisa dipandang sebelah mata karena bila tidak ditangani dengan baik dapat menyebabkan kematian usus. Turun berok dapat membuat sensasi yang sangat tidak nyaman bagi yang mengalaminya.

Apakah Turun Berok Dapat Dicegah? Bisa. Berikut caranya:

Turun berok disebabkan oleh peningkatan tekanan dalam perut. Kondisi seperti sering mengangkat benda berat dan batuk kronis terkadang merupakan penyebab awal kondisi ini dan/atau memperparah keluhan turun berok.

Memang tak banyak yang dapat dilakukan untuk mencegah dinding rongga perut melemah. Namun, Anda dapat mengurangi tekanan dinding rongga perut untuk mencegah turun berok menonjol dari dinding yang lemah. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda terapkan:
-Menjaga berat badan agar tidak berlebih
-Mengonsumsi makanan tinggi serat untuk menghindari sembelit
dan mengedan saat buang air besar
-Perbanyak konsumsi air putih
-Mengurangi kegiatan mengangkat benda berat
-Stop merokok.

Merokok dapat menyebabkan reaksi batuk, seperti yang sudah diketahui batuk dapat meningkatkan tekanan rongga perut sehingga memperparah turun berok.
Jika Anda memiliki alergi, kontrol alergi Anda sehingga tidak bersin atau batuk berlebih.
Lakukan olahraga jenis aerobik jenis sedang minimal 30 menit perhari. Olahraga yang dianjurkan adalah sepeda statis atau berenang. Hindari melakukan olahraga angkat berat atau melakukan gerakan seperti push up atau menarik.(dikutip dari klikdokter.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here