banner 728x250

Cegah Relapse, PK Bapas Banda Aceh Hadir Dampingi Klien Bapas Pasca Rehabilitasi

judul gambar

BANDA ACEH, Transparancy – Mengikuti program reintegrasi bukan akhir perjalanan namun awal bagi Klien untuk kembali bersosialisasi di tengah-tengah masyarakat dengan versi yang lebih baik. Perlu diketahui bahwa sebagian besar Klien Bapas adalah Klien dengan riwayat penyalahgunaan narkotika. Tentunya hal tersebut menjadi tantangan tersendiri dalam proses bimbingan yang dilakukan oleh Bapas melalui Pembimbing Kemasyarakatan (PK).

Guna menunjang hal tersebut, Bapas Banda Aceh bekerjasama dengan Yayasan Ners Rody Motivator menyelenggarakan kegiatan pasca rehabilitasi yang diikuti oleh 7 peserta. Peserta dalam kegiatan Pasca Rehabilitasi adalah klien pemasyarakatan yang telah menjalani rehabilitasi medis atau sosial di Lapas atau Rutan. Pasca Rehabilitasi tersebut telah diselenggarakan selama dua hari dari tanggal 12 s.d 13 Juni 2024. Dimana, dalam kegiatan Pasca Rehabilitasi terdapat beberapa kegiatan yang diikuti oleh peserta pasca rehabilitasi, antara yaitu kegiatan peer group, assessment dan konseling keluarga.

judul gambar

Kamis, 13 Juni 2024 kegiatan pasca rehabilitasi telah selesai dilaksanakan, kemudian pada hari yang sama Bapas Banda Aceh melangsungkan penutupan kegiatan yang dilaksanakan di Aula Bapas Banda Aceh. Kegiatan penutupan tersebut dihadiri oleh Kepala Bapas Banda Aceh (Efendi), Ketua Yayasan Ners Rody Motivator (Hj. Ners Rosdiana) beserta tim dan Tenaga Medis Rutan Kelas IIB Banda Aceh (dr. Welldany Siregar) beserta tim.

Ketua Yayasan Ners Rody Motivator (Hj. Ners Rosdiana) dalam kesempatan ini menyampaikan bahwa untuk pulih Klien memerlukan adanya dorongan dan motivasi baik dari dalam maupun dari luar (diri sendiri, keluarga, lingkungan, orang terdekat, dll).

Efendi selaku Kepala Bapas Kelas II Banda Aceh menutup secara langsung kegiatan pasca rehabilitasi tersebut. Beliau menyampaikan bahwa setelah dilaksanakan tes urine, 7 Klien yang mengikuti kegiatan pasca rehabilitasi dinyatakan hasilnya negatif.

“Alhamdulillah seluruh Klien hasilnya negatif setelah dilakukan tes urine, semoga dengan adanya kegiatan pasca rehabilitasi dapat memberikan manfaat bagi Klien dan keluarga sehingga tidak ada lagi Klien yang relapse maupun melakukan tindak pidana apapun,” tutup Efendi.

Writer: Jefry Boy Isny
judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *