Home DAERAH Covid-19, Ketua PWI Lamteng: Bacakada agar Sosialisasikan Visi Misi Gunakan Media

Covid-19, Ketua PWI Lamteng: Bacakada agar Sosialisasikan Visi Misi Gunakan Media

103
0

LAMPUNG TENGAH, MEDIA TRANSPARANCY – Di tengah situasi pandemi Covid-19 yang kembali merebak, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng), Ganda Hariyadi, SH, MH, mengajak Bakal Calon Kepala Daerah (Bacakada) di Lampung Tengah mensosialisasikan visi misinya dengan menggunakan media, baik itu media berbasis cetak, elektronik, online atau radio.

Sebagaimana diketahui bahwa Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Idham Azis yang dalam hal ini Kepolisian Republik Indonesia berperan untuk mencegah klaster baru Covid-19.

Berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/2607/IX/OPS.2/2020 tanggal 7 September 2020 yang ditandatangani Kabaharkam Polri, Kapolri menyampaikan beberapa hal agar Pemilihan Kepala Daerah serentak 2020 yang akan datang, tidak memunculkan klaster baru Covid-19.

Arahan tersebut ditujukan untuk para Kasatgas, Kasub Satgas Aman Nusa II, Kaopsda, Kapolda, Kaopsres dan Kapolres.

“Pelajari, dan pahami peraturan KPU No 5, 9, dan 10 tahun 2020 terkait penerapan protokol kesehatan pada setiap tahapan Pilkada khususnya pembatasan jumlah peserta kampanye, seperti rapat umum maksimal 100 orang, rapat terbatas dan debat masing-masing maksimal 50 orang,” jelas Ganda yang mengutip arahan Kapolri di hadapan media beberapa waktu lalu.

Ketua PWI Kabupaten Lamteng selama tiga periode ini memaparkan, terkait adanya himbauan Kapolri bahwa dalam pilkada tahun 2020 di tengah pandemi Covid-19 dimana peserta kampanye hanya dibatasi 100 orang, maka dihimbau kepada para Bacakada di Lamteng yang akan berlaga pada 9 Desember 2020 nanti, sebaiknya menggunakan potensi media atau wartawan dalam menyosialisasikan atau mempublikasikan visi, misi ataupun program-programnya ke depan.

“Situasi pandemi Covid-19 yang kembali melanda negeri ini, saya mengajak kepada seluruh Bacakada untuk dapat memberdayakan, merangkul, menggunakan jasa para wartawan atau media untuk mengekspose program-program Bacakada. Pers sangat berperan sebagai media kampanye para Bacakada,” tuturnya.

PWI Lampung Tengah mengajak para Bacakada untuk berkampanye pada pemilihan kepala daerah dapat dilakukan dengan cara menggunakan media sosial atau media online, media elektronik dan media cetak. Karena pandemi Covid-19, untuk mengumpulkan massa adalah sesuatu yang tidak mungkin bisa dilakukan, dan itu tidak akan diizinkan.

“Dengan peran serta media dan wartawan, para Bacakada dapat lebih efektif dan fokus dalam menyampaikan program-programnya. Saya juga berharap dan menghimbau kepada seluruh insan Pers baik itu yang di dalam atau di luar wadah organisasi Pers PWI Lamteng agar turut berkontribusi serta berperan aktif dalam mensukseskan pilkada 9 Desember 2020 yang akan datang,” pungkasnya.

 

Penulis: S.K. Wijaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here