banner 728x250

Curah Hujan Tinggi, Kapolres: Debit Air Sungai di Kota Cirebon Masih Aman

  • Share

KOTA CIREBON, MEDIA TRANSPARANCY – Kapolres Cirebon Kota, AKBP Imron Ermawan, turun langsung ke beberapa Polsek jajaran yang memiliki aliran sungai dan bersama-sama dengan Kapolsek agar memerintahkan anggotanya untuk senantiasa melakukan pengecekan sungai sebagai antisipasi bencana alam banjir yang ada di wilayahnya dan melaporkan secara berkala, Sabtu (30/1/2021).

Hal tersebut disampaikan Kapolres usai menghadiri acara pengukuhan guru besar profesor di salah satu perguruan tinggi yang ada di Kota Cirebon.

judul gambar

Melalui Kasubbag Humas, Iptu Ngatidja, Kapolres menyampaikan bahwa pengecekan debit air sungai ini guna antisipasi bencana alam berupa banjir dimasa musim penghujan awal tahun 2021.

“Selain itu juga, hal ini guna meningkatkan kewaspadaan anggota polsek jajaran,” ujarnya.

“Banjir datangnya tidak bisa diprediksi, tetapi bisa diantisipasi jika kita rajin untuk memantau aliran sungai yang ada di wilayah kita. Banyak juga faktor penyebab banjir yang melanda pemukiman penduduk. Diantaranya intensitas curah hujan yang tinggi, debit air sungai yang meluap (over kapasitas) akibat aliran sungai yang tersumbat tumpukan sampah. Apalagi letak geografis pemukiman penduduk yang berada di dataran rendah,” sambungnya.

“Atau bisa jadi Air rob dari laut yang meluap ke daratan / pemukiman penduduk, karena tingginya debit air yang masuk ke kawasan laut Cirebon dan drainase atau selokan di pemukiman penduduk yang tersumbat sampah,” tutupnya.

Penulis: Yudi
judul gambar
  • Share
judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *