banner 728x250

Curhat maskapai penerbangan yang rugi akibat erupsi Gunung Kelud

  • Share
bandara-juanda-airport

Surabaya Transparancy.com Letusan Gunung Kelud di Kediri Jawa Timur berdampak terhadap aktivitas penerbangan dan bandara di pulau Jawa. Seperti penutupan Bandara Juanda Surabaya sejak Jumat (14/2/2014) kemarin. Maskapai penerbangan mengalami kerugian, karena tidak bisa terbang meski para penumpang telah memiliki tiket.

Perwakilan dari Indonesia AirAsia, Deddy menuturkan, pihaknya memang tidak bisa menepis penumpukan penumpang yang semakin banyak, akibat penghentian sementara Bandara Juanda. Apalagi bertepatan dengan akhir pekan. Saat akhir pekan, biasanya tingkat isian penumpang pesawat hampir mendekati 100%.

judul gambar

“Penumpukan penumpang pasti ada, apalagi ini saat weekend, mencapai 80-100 persen,” kata Deddy di Kantor Otoritas Bandara Juanda, Surabaya, Sabtu (15/2/2014).

Akibat penutupan ini, para calon penumpang meminta fasilitas bermalam di hotel. Deddy menjelaskan, AirAsia memiliki 24 jadwal penerbangan dalam setiap harinya, dari atau ke Surabaya.

“Hanya 2 calon penumpang yang akhirnya mengubah rute keberangkatan dari Bandara Ngurah Rai, Denpasar menuju Singapura,” tambah Deddy.

Sementara itu, sejumlah maskapai yang ikut rapat bersama PT Angkasa Pura I selaku operator bandara Juanda, belum bisa menghitung total kerugian akibat pembatalan penerbangan.

“Kami belum bisa menghitung kerugian, kami masih fokus menghandle calon penumpang,” kata Alex, perwakilan dari Sri Wijaya Air.

Sedangkan maskapai Lion Air mengaku, telah memaksimalkan fasilitas untuk calon penumpang yang kemarin tertunda pemberangkatannya.

“Refund tanpa pengenaan biaya sepeser pun, re-schedule juga,” kata perwakilan maskapai Lion-Air bernama Widodo.

bandara-juanda-airport
bandara-juanda-airport
judul gambar
  • Share
judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *