banner 728x250

Dapat Laporan Warga Terkait Minimnya Informasi Jadwal Vaksin Bagi Lansia, Wakil Wali Kota Bertindak Cepat

  • Share

KOTA CIREBON, MEDIA TRANSPARANCY – Mendapat laporan dari seorang warga kelurahan Larangan, kecamatan Harjamukti, kota Cirebon terkait kurangnya informasi yang disampaikan kepada masyarakat tentang jadwal vaksinasi bagi Lanjut Usia (Lansia) yang sedianya dilaksanakan di Puskesmas Perumnas Utara pada Senin 12 April 2021, ditanggapi cepat oleh Wakil Wali Kota Cirebon, Hj. Eti Herawati.

“Terima kasih atas informasi dan masukannya, akan saya teruskan kepada pihak puskesmas untuk segera ditindaklanjuti,” demikian ungkap Hj. Eti melalui pesan WhatsApp.

judul gambar

Hasil pantauan wartawan www.mediatransparancy.com di lapangan memang didapati minimnya informasi kepada masyarakat soal jadwal vaksin untuk lansia yang sedianya dilaksanakan di Puskesmas Perumnas Utara Kota Cirebon pada hari ini, Senin (12/4/2021).

Hal tersebut didapat dari keterangan seorang warga kelurahan Larangan yang mempunyai Ibu berusia 79 tahun. “Kesehatan itu hak setiap warga negara, apalagi di masa pandemi seperti saat ini, usia lanjut itu rentan terpapar virus Covid-19, maka selayaknya informasi yang berkaitan tentang pelayanan jadwal vaksinasi disampaikan kepada masyarakat secara akurat dan sedetail mungkin,” ungkap seorang Warga.

“Terkait informasi yang saya sampaikan kepada Ibu Wakil Wali Kota melalui pesan WhatsApp (WA) yaitu, soal minimnya informasi perihal jadwal vaksinasi bagi lansia. Luar biasa…. ternyata Ibu Wakil Wali Kota menanggapinya dengan cepat. Terima kasih banyak Bu Wakil Wali Kota. Semoga kejadian seperti ini tidak terulang lagi,” ucapnya.

Lurah Larangan, Dani Rahmat Permana saat dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp memberikan jawaban, “Untuk penjelasannya bisa langsung menghubungi kepala puskesmas pa. Semua akan mendapatkan, tapi karena keterbatasan jumlah vaksin yg diterima jadi bertahap pemberian vaksinnya,” pesannya.

Sementara itu Camat Harjamukti, Rd. Yuki Maulana Hidayat melalui sambungan telepon menyampaikan permohonan maaf, dan mengucapkan terima kasih kepada warga kelurahan Larangan atas informasinya yang sudah turut berperan aktif mengingatkan tentang pentingnya informasi jadwal vaksinasi, khususnya bagi usia lanjut di wilayah kelurahan Larangan, kecamatan Harjamukti.

“Saya sebagai ketua Gugus Tugas Covid-19 di kecamatan sudah mengumpulkan dan meminta keterangan kepada Lurah dan Kepala Puskesmas se Kecamatan Harjamukti,” ungkapnya.

Hasilnya, sambung Rd. Yuki, karena keterbatasan tenaga kesehatan di tiap puskesmas, maka tidak semua lansia terpenuhi haknya untuk mendapatkan vaksin di hari pertama, tetapi nanti dilaksanakan pada tahap berikutnya.

Oleh karenanya, tadi saya lakukan evaluasi dan meminta kepada Lurah Larangan serta Kepala Puskesmas Perumnas Utara agar dapat memetakan jadwal vaksinasi di tingkat RW. “Dengan demikian kita dapat mengetahui lansia di mana saja yang sudah dan belum mendapatkan vaksin Covid-19 ini,” tegas Rd. Yuki.

Saat berita ini dibuat, mediatransparancy.com belum mendapatkan berapa jumlah lansia yang sudah dan belum mendapatkan vaksinasi yang dilakukan oleh puskesmas perumnas utara.

Penulis: Yudi
judul gambar
  • Share
judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *