Home DAERAH Desa Suban akan dijadikan Pailot Projek ...

Desa Suban akan dijadikan Pailot Projek Pengelolahan Jaringan Irigasi Diprovinsi Jambi

365
0
Foto: Kadis PU Provinsi Jambi Ir. H. PB Panjaitan. MM dalam sambutan memprogramkan kegiatan meningkatkan ketahanan pangan dengan alokasi dana sebesar 15 triliun yang akan mulai pada tahun anggaran 2015.

Tanjabbar, Mediatransparancy.com – Dalam rangka pencanangan nasional gerakan perbaikan irigasi desa suban Kadis PU provinsi jambi, Ir. H. PB Panjaitan. MM mengungkapkan, Pemerintah pusat telah memprogramkan kegiatan implementasi pemerintah provinsi satu juta hektar guna meningkatkan ketahanan pangan dengan alokasi dana sebesar 15 triliun yang akan mulai pada tahun anggaran 2015.
SONY DSC
Kegiatan ini secara keseluruhan dari integrasi sawah palawija sebanyak 7,1 juta hektar yaitu kewenangan pusat adalah 2,3 juta hektar dan kewenangan provinsi adalah 1,4 juta hektar serta kabupaten kota sebesar 3,7 juta hektar.

Benhard juga menambahkan, berdasarkan keputusan menteri PU No.390 KPPR tahun 2007 tentang penetapan status daerah irigasi pengelolahannya kewenangan tanggung jawab pusat, provinsi, kabupaten/kota. Khusus untuk provinsi jambi ada 4 daerah kewenangan provinsi yaitu : daerah irigasi sungai tanduk kabupaten Kerinci, daerah irigasi sungai Batang Limun Kabupaten Sarolangun dan daerah irigasi sungai duren Kabupaten Tebo serta daerah irigasi sungai Suban Kabupaten Tanjabbar.

“Daerah irigasi sungai suban ini berlokasi di Kecamatan Batang Asam yang mencakup 2 desa yaitu desa Sri Agung dan desa Rawa Agung Kabupaten Tanjabbar dengan luas potensial 4121 hektar, luas fungsional 11.600 hektar dengan posisi bangunan saluran primer 1690 meter, saluran sekunder 2684 meter sisi kiri dan 452 meter panjang sisi kanan, bangunan air 12 buah, bangunan pelengkapan 15 buah serta saluran pembuang sebesar 15.000 meter/panjang” jelas Benhard.

Selain itu juga kadis PU ini menuturkan bahwa secara umum kondisi irigasi tersebut sangat baik bila di bandingkan dengan 3 irigasi daerah lain, baik serana dan praserana daerah irigasi sungai suban ini menjadi Pailot Projec pengelolahan jaringan irigasi di provinsi jambi.

“Gubernur juga dari awal kepemimpinan beliau hingga saat ini telah mengalokasikan dana senilai 23 milyar yang diperuntukkan guna meningkatkan dan mengoptimalisasikan irigasi sungai Suban ini. Untuk tahun anggaran 2015 dialokasikan danna sebesar 5,575 milyar yaitu untuk memmindahkan jaringan irigasi dan kobarestal dan pemeliharaannya” ungkap Benhard

Benhard juga menambahkan perhatian yang serius kiranya dapat meningkatan produksi pangan di daerah irigasi sungai nsuban ini yg mencapai 6 ton/hektar di bandingka daerah irigasi ditempat lain hanya 4,5 ton/hektar.Daerah irigasi sungai sungai Suban ini juga berkontri busi besar dalam mengantarkan provinsi Jambi meraih peringkat 3 nasional yang penghargaannya sendiri sudah diterima pada peringatan hari bakti di Jakarta.(lia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here